Kamis, 13 Desember 2018

Youth in Jakarta: Ketika Merindukan Kenangan




Grup band asuhan JYP Entertainment, Day6, baru saja menggelar konser dunia mereka yang pertama di Jakarta tanggal 08 Desember 2018 lalu. Bertempat di The Kasablanka Main Hall, konser bertajuk Day6 1st World Tour Youth itu sukses membuat para penontonnya susah move on!


How Deep is My Love?

Seberapa cinta gue sama Day6? Mentok di angka 1 juta setidaknya itu yang gue bilang ke temen gue sewaktu dia ngeledekin nyuruh beli tiket yang 2 juta aja alias di Pink Category. Waktu itu gue lagi buka situs Indotix dan menemukan tiket Green nggak bisa dibeli. Setelah diskusi panjang-pendek tentang nomor antrian yang worth it apa nggak, gue putuskan untuk hold, meskipun waktu itu udah akhir November. Gue mau nungguin, siapa tau menang undian Lotte! Nah loh, kejawab sudah seberapa dalam cinta gue ke Day6. Hihihi.

Waktu temen gue mau nonton BTOB, tiap hari dia dengerin lagu-lagu boygroup itu dengan tujuan menghapal lirik. Biar bisa sing along gitu. Nah gue, yang gagal total karaokean nyanyi lagu Fine-nya Taeyeon gara-gara nggak bisa baca hangul meskipun udah di-romanization, udah trauma berat. Pokoknya lirik lagu Day6 sependengaran gue aja. Sebodo amat bener apa nggak. Menjelang konser pun gue nggak tetiba jadi rajin dengerin Day6 doang. Di kantor segala macam lagu gue dengerin. Emang dasar gue fans Kpop paling nggak loyal!




Bahkan sebetulnya gue sempet gambling jadi beli tiket konser apa nggak. Pas diumumin Day6 bakal dateng ke Jakarta, gue udah niatin mau nonton. Pinginnya pun di seat pangkuan Jae paling depan. Nah, pas keluar pengumuman seating plan dan harga tiket dari Mecima, gue jadi ragu-ragu. Gue pantau di medsos pun banyak yang protes kenapa diadainnya di Kokas. Flat, gedung seminar, gedung kondangan kira-kira gitu pendapat mereka. Duh, worthy nggak nih? Kenapa nggak pake gedung yang ada tribunnya? Okelah, Day6 emang nggak sepopuler itu di Indonesia, beda sama temen seagensi mereka kayak Twice atau Got7. Sekali lagi musik mereka itu segmented. Okelah nggak di ICE BSD — kegedean! Tapi bisa dong cari hall yang lebih proper untuk show anak band.

Sampe beberapa bulan setelah itu gue bahkan sampai ke keputusan nggak mau keluar duit nonton. Tapi ujung-ujungnya gue menyisihkan duit juga buat beli tiketnya. Itu pun yang paling murah. Nah, setelah itu gue memegang prinsip, “yang terjadi, terjadilah,”. Maksudnya, gimana pun nanti konsernya, apa keliatan atau sama sekali jauh dari panggung, ya udah, nikmatin aja.

Terus terang, yang paling bikin gue deg-degan menjelang konser adalah… takut pas udah di dalem malah kebelet pipis. Hahaha! Emang dasar gue beser! Dari jam 5 sore gue udah 3 kali bolak-balik toilet, padahal Le Mineral kemasan kecil yang gue beli aja sengaja nggak gue habisin. Ruang tunggunya emang lumayan dingin sih. Plus deg-degan juga gue. Udah aja, bawaannya pingin pipis mulu.

 
Pengalaman Pertama




Gue dateng ke konser Day6 dengan kesadaran penuh bahwa setelah konser ini selesai gue tonton, maka mungkin sekali gue bakal berhenti nge-stan mereka. Jadi biasa-biasa aja gitu. Kalau yang disebut My Day itu adalah fans yang secara resmi terdaftar di fandom, maka gue jelas bukan salah satunya. Lah, beli album fisik aja nggak. Tapi kalau yang disebut My Day adalah SIAPAPUN yang menggemari lagu Day6 maka gue maju duluan. Dan dengan logika yang sama gue juga termasuk Sobat Padi, Baladewa, fans The Script dan separuh band lainnya di muka bumi ini.

Dan tau apa yang gue rasain selama konser? Kayak… momen di sana nggak nyampe ke hati gue, berhenti sampe kulit doang! Asli gue kesel sama diri sendiri. Maunya apa, udah nyampe di venue, udah depan-depanan sama Day6, kok ya malah flat aja perasaan gue??? 

Maunya sih nyalahin PMS aja kenapa mood gue nggak cukup bagus. LOL. Terus mungkin pengaruh jauh dari panggung, dan mesti jinjit untuk lebih leluasa memandang panggung. Hell, kalau bukan karena fancam yang bertebaran di twitter setelah konser, gue nggak akan ngeh kalau kemeja yang dipake Jae warnanya pink muda. Trus di pertengahan konser gue baru ngeh rambut Wonpil nggak blonde lagi, tapi pink! Tapi pas di situ gue masih mikir itu bias lampu aja, nggak betul-betul pink rambut si Pirimiri. Ternyata emang pink, yorobun! Dari tempat gue berdiri pun gue nggak bisa liat alas kaki mereka. Pas liat di twitter baru deh tau kalau mereka pake sepatu converse.


Pink-Pil


Gue cuma mau enjoy the show plus rekam dikit-dikit buat dokumentasi, hehehe. Gue juga sempet iri sama fans Pink Category di barisan paling belakang. Seharusnya di Pink Category ini cukup deket sama panggung tambahan yang berbentuk T. Tapi fakta bahwa yang berdiri paling belakang pun enjoy the show banget, gue nggak bisa nahan iri. Mereka lompat-lompat sepanjang konser. Ngacungin lightband dan hampir nggak pernah keliatan ngerekam apapun. Niatnya emang murni buat nge-jam bareng Day6 doang, kayaknya, yang mana itu bagus banget. Nggak pusing kebagian barisan paling belakang pula. Maunya cuma digoyang. Mungkin gue perlu coba prinsip “just enjoy the show” murni, tanpa kebanyakan ngerekam di konser selanjutnya. 

 
Ketika Merindukan Kenangan
 
Gue lumayan sering ngalamin kejadian kayak begini, terutama pas traveling: pas jalan-jalannya flat aja, tapi terus pas liat-liat foto liburannya beberapa hari setelahnya malah jadi kangen. Kurang lebih begini yang gue alamin usai hingar-bingar konser. Menjelang konser berakhir, gue emang cukup nge-hype; lompat gila-gilaan sampe ngos-ngosan, tapi mayoritasnya gue merasa flat. Salahin PMS aja lah!.


Miss this...


Tapiiiiii begitu liat-liat lagi video rekaman sendiri dan ceracauan di twitter bertagar YOUTHinJKT, gue secara ajaib malah jadi kangen konsernya. Pingin lompat-lompatan lagi diiringin lagu Freehage. Pingin teriak “what chu doing” di lagu I Wait. Pingin menyahut “bang, bang, bullet, bullet, bullet,” di lagu Shoot Me. Pingin denger improvisasi Jae dan Young K. Pingin nuntut Day6 nyanyi Hi Hello, Still, I Would, Stop The Rain dan semua.

Gue pingin berdiri lagi di tengah kerumunan konser. Jejingkarakan. Nyanyiin lirik yang ngaco tapi peduli amat, pokoknya gue nyanyi! Kalau ditanya hari ini apa gue mau nonton konser Day6 lagi, jawabannya adalah mau banget! Seratus dua puluh persen yes! Nggak tau kalau Mas Anang. Tapi kalau konser mereka selanjutnya di Jakarta itu masih 6 sampe 12 bulan lagi, ya nggak janji juga. Tergantung apa gue masih gandrung sama mereka atau nggak.

Kenapa sih gue kayak gini? Pas momennya udah berlalu, malah jadi sadar kalau yang kemarin itu seru abis.



Stage Act


Salah satu penampilan Day6 di panggung yang gue suka


Gue udah ancang-ancang kalau emang niat nonton konser lagi, pokoknya gue mau beli tiket yang lebih deket ke panggung, biar nggak sibuk berjinjit-jinjit ria. Trus gue mau tetep yang standing. Dulu sih prefer yang seating biar nggak capek, tapi setelah kemaren ngerasain serunya nonton konser sambil berdiri, gue jadi berubah pikiran. Gue pingin ambil tiket berdiri tapi yang lebih deket panggung. Biar keliatan deh tuh performer-nya pake sepatu atau nyeker! 

Dari konser kemarin pun gue mengambil kesimpulan tentang apa-apa aja yang bisa memuaskan penonton. Gue lah minimal. Di konser, gue pingin denger improvisasi bernyanyi. Minimal sedikit perbedaan dari lagu-lagu versi studio. Nadanya sedikit dibelokin, dipanjangin dikit, dibikin meliuk-liuk sesuatu yang bikin gue ngerasa emang gue harus dateng ke konser untuk denger versi lain dari lagu ini. Plus sebagai penonton gue jadi ngerasa spesial karena si artis ngasih effort lebih untuk memaksimalkan penampilannya. That’s why pas konser kemarin gue naksir berat sama Jae. Mana itu si anak ayam yang paling komunikatif, lagi. Dan ya ampun, makin ke sini gue makin ngeliat si Jae itu kayak cowok yang soft banget, bukan witty seperti image dia di Jaesix.



Penampilan 
 
Semakin Day6 berpakaian wajar, maka gue pun semakin suka. Sebaliknya, foto-foto mereka untuk album Remember Us: Youth Part 2 yang rilis tanggal 10 kemarin, bikin gue nggak nahan. Anjiiirr, itu eye shadow warnanya coklat banget? Bedaknya tebel-tebel amat, Mas?


Eye shadow???

 
Makin mereka centil, makin cringe gue dibuatnya. Cukup kaos, jaket hoodie, sepatu converse. Ya iya sih, mereka jadi ganteng-ganteng pake banget, plus kayak makin sulit dijangkau, setelah didandanin. Untungnya mereka begitu rata-rata buat keperluan photoshoot album doang. Kalau konser sih nggak menor-menor banget. Apalagi kalau cuma ke bandara. Kembali deh ke baju masing-masing. Celana training di sana, jaket hoodie di sini, slipper di situ.

Nah, terutama buat si Jae, ini ada sisi ironisnya. Kan pas dia lewat kemaren, gue langsung ngeh betapa tebelnya bedak dia. Jadi, kalau si Jae tuh kalau udah naik panggung a.k.a udah selesai dipoles jadi berlipat-lipat gantengnya. Kalau di keseharian mah si Jae ya begitu; rambut kaku berantakan. Imut sih tetep. Tapi kesimpulannya, okeh, rambut dia emang butuh di-blow. Hahahaha. 



If you can't handle me at my worst, then you sure as hell don't deserve me at my best




*Gambar milik pribadi, @mecimapro, @day6kilogram, @day6official,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar