Kamis, 31 Oktober 2019

Queen Christina Aguilera



Berawal dari postingan video cover yang gue liat di Instagram, akhirnya gue berlanjut jadi kepoin lagi penyanyi kesayangan gue sepanjang masa. Yes, my queen before anyone else, Christina Aguilera!


Haunted Heart

Pokoknya gue suka semua elemen di lagu Haunted Heart. Cara nyanyi Xtina, lirik, musik, konsep video klip sampe dandanan my queen di sini. Cara penekanan tiap kata, dari menggeram sampe berbisik. Lagunya fun sekaligus spooky, sesuai banget buat dijadiin original sountrack film animasi spesial Haloween. Yep, lagu ini jadi original soundtrack film The Addams Family.





Coba denger pas lirik, "it's a trap", "no escapin", "em-ma-ma-ma heart" ~~ satisfying banget! Bahkan gue suka cara Xtina mengangkat telunjuknya pas lirik "it's the trap" di verse 2. Versi live-nya pun sama bagus dengan rekaman.

Oh, gue bahkan suka sama senyum Xtina di ending klip. I love you, my queen!!!


Genie In A Bottle

Seperti yang kita tau, Xtina satu generasi sama Britney Spears. Debut keduanya pun hampir barengan. Gue masih awal-awal SMP waktu itu. Dan dari keduanya gue lebih suka Xtina. Gue lupa apa jangan-jangan dulu gue cuma mau keliatan beda aja makanya ngefans Xtina di antara orang-orang yang memuja Britney. Sedikit anti mainstream gitu. Wkwkwk.



Tapi nggak gitu juga sih. Gue emang lebih nyangkut ke lagu-lagunya Xtina. Semua lagu yang dibikinin video klip di album pertamanya ini gue suka. Mulai Genie In A Bottle, What A Girl Wants, I Turn To You, dan Come On Over (All I Want Is You). Dulu jamannya hobi nongkrongin MTV, trus ngeliat Xtina mesen cheese burger sambil bilang kalau beginilah dietnya doi. Hehehe.


Stripped

Kalau diperhatiin Xtina mulai keliatan rebel pas video klip Come On Over (All I Want Is You). Highlight rambutnya mulai bukan yang tipe-tipe bintang-pop-cewek-baik-baik. Hehehe. Udah begitu Xtina sempet kolaborasi lagu Lady Marmalade pula.

Tiga tahun kemudian lahirlah album Stripped yang konsepnya nggak diantisipasi siapapun. Ganti image abis-abisan. Dari bubblegum pop langsung berubah jadi cewek rebel. Ikonik banget penampilan Xtina di album ini, terutama di video klip Dirrty.

Dulu seinget gue MTV ngasih sensor di sana-sini buat klip Dirrty. Tau kan gimana Xtina mengumbar seksualitasnya di sini? Sampe sekarang gue bahkan masih suka kebayang tampilan acara Smackdown, entah kenapa, kalau nonton Dirrty. Ada ring tinjunya, kan?

Bagaimanapun gue suka lagu Dirrty. Seinget gue dulu gue sempet minjem kaset Stripped sama temen ~~ lalu meringis malu ngeliat foto-foto Xtina di sampul kasetnya. Dan serius, buat gue pribadi, album Stripped adalah proyek musik terbaik Xtina. Hampir semua lagunya gue suka. Bahkan Stipped Intro yang berdurasi semenitan doang dan setengahnya diisi banyak noise suara pergunjingan pun gue suka. Dari lagu ini Xtina kayak seakan ngasih spoiler kalau sealbum-album isinya sangat dia banget. Sangat personal. Sesuatu yang jujur, apa yang mau dia suarakan.




Jangan cuma ngeliat keseksian di video klip Dirrty, tapi coba tengok lagu tentang menghormati diri sendiri, Beautiful dan The Voice Within. Lagu tentang menjadi tegar dan kuat di Fighter. Dan sejenis lagu yang bernuansa R&B, Imposibble. Juga lagu ballad yang menyayat, Walk Away.

Baru-baru ini gue baca ulasan kritikus soal album Stripped di Wikipedia. Salah satu kritikannya adalah kurang fokusnya album ini dalam pilihan genre. Emang iya sih. Ada lagu yang ngepop, R&B, hiphop sampe rock. Tapi kalau mau lihat dari sisi lain, semua genre ini tuh yang ngasih pengaruh  Xtina sepanjang hidupnya, jadi jelas ketampung semua di kala dia mau bikin album yang 'gue banget'.


Christina vs Britney

Kayaknya mau lewat berapa puluh tahun nama kedua bintang ini bakal tetap direndeng kemana-mana. Debut yang hampir berbarengan dan genre musik yang diusung (pada awalnya) jadi kesamaan yang nggak akan berhenti diulas. Jeleknya media dari dulu selalu coba-coba bikin berita seolah keduanya rival. Poor my queen, sampe sekarang pun kalau diwawancara sama siapapun, pasti ada aja pertanyaan yang menyerempet ke Britney. Dari yang dulu jengah sampe sekarang kayak udah deal aja gitu dia. Terima nasib kalau nama mereka berdua bakal direndeng sampai kapanpun.

Dan di luar status gue sebagai penggemar Xtina, gue kok menganggap jalan karir musik my queen lebih sehat ya daripada Britney. Biarpun dikritik sana-sini, tapi Xtina sejak awal punya keberanian untuk memberontak dan bikin album sesuai kehendak dia. Berbeda dengan Britney yang bahkan sampai sekarang masih di bawah kendali orangtuanya. Kebebasan menentukan langkah penting banget buat manusia.


Variety Show

Dimulai dari lagu Haunted Heart, gue mulai ngulik-ngulik lagi lagu-lagu my queen. Nggak sampai di situ, banyak juga variety show dan talk show Xtina yang seru banget ditonton. Beberapa yang layak ditonton: Christina Aguilera Carpool Karaoke - Extended Cut, Carpool Karaoke Bonus: Christina Aguilera's 'Fall In Line', Wheel of Musical Impressions with Christina Aguilera, Christina Aguilera Watches Fan Covers On YouTube, dan Christina Aguilera Breaks Down Her Most Iconic Music Video Looks.   



Kritik

Sudah dari dulu Xtina mengakui kalau dia nggak bakat jadi kesayangan media. Banyak banget gosip tentang dia yang angkuh dan doyan berantem sama artis lain. Soal berat badan dia juga sering jadi bahan kritikan. Yang paling konyol sih kalau ada yang bilang Xtina cuma bisa teriak, alih-alih nyanyi. Eww, please don't talk nonsense like that! Penyanyi soulful kayak dia nggak lahir tiap tahun ya, tolong! Don't talk shit about my queen or I'll break your legs!


p.s. foto di bawah ini adalah penampilan tercantik seorang Christina Aguilera menurut gue



Tidak ada komentar:

Posting Komentar