Mengutip berita daring CNBC Indonesia, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Nasional untuk Pemilu 2024 sebesar 204.807.222 jiwa, sekitar 55 persennya merupakan pemilih muda. Ada lebih dari setengah populasi pemilih yang diperebutkan para capres dan caleg. Dengan begitu, apakah menempatkan anak haram konstitusi calon milenial dan mengusung 'politik riang gembira' adalah langkah yang tepat untuk menggaet suara anak muda?
Pertama kali saya tahu istilah "politik riang gembira" adalah dari spanduk besar punyanya PSI dengan gambar bontotnya Jokowi berpose love di atas kepala ala Korea yang terpancang di pinggir jalan tepat di pertigaan menuju kantor saya. Tapi mohon maaf, sampel spanduknya, biarpun bisa didapat dengan mudah dari Google, tidak akan saya taro di sini. Waktu saya lihat spanduknya secara langsung pun saya sudah memutar bola mata habis-habisan. WHAT THE FUCK??!!
Sebetulnya, politik tidak mesti riang gembira untuk bisa menarik perhatian anak muda yang disematkan dengan citra 'fun'. Di atas segalanya, politik itu mesti berintegritas. Hanya dengan begitu kita semua dapat menghormati setiap proses demokrasi.
Tapi kemudian dari sisi paslon nomor 1 yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar muncul sebuah akun yang menarik perhatian anak muda, terutama warga Twitter. Akun tersebut menggunakan username @aniesbubble. Tagline 'politik riang gembira' rupanya terealisasi dari sisi yang berlawanan dari pencetusnya.
Bubble sendiri adalah sebuah aplikasi berbayar di mana fans Kpop dapat 'berbicara' dengan idol-nya. Biasanya para idol akan sesekali menyapa fans via aplikasi ini. Dan seperti kebiasaan Kpopers, serunya dunia Kpop itu ketika bisa hype segala sesuatu tentang idol kita bareng-bareng. Caranya? Posting di medsos biar semakin banyak fans yang update.
Saya yang warga setia Twitter dan pemilih Anies pula, sudah pasti tahu kronologi kemunculan Anies Bubble. Jadi, tanggal 28 Desember 2023 sekitar pukul 10 malam, Pak Anies melakukan live TikTok. Dari yang nampak di layar dan seperti diinformasikan Pak Anies sendiri, beliau saat itu sedang menumpang mobil sepulangnya dari rangkaian kampanye. Saya yang bukan user TikTok sampai hari ini tentu bukan salah satu penonton live debut yang menyedot sekitar 300 ribu penonton itu. Tapi, besok paginya, ada akun yang kurang lebih mencuit, "hidup lagi capek-capeknya, malah dapat wejangan dari capres." sambil turut menyertakan potongan video live di cuitannya.
Lantas di hari yang sama, muncullah akun @aniesbubble yang juga memosting potongan video Pak Anies live dengan caption Hangul layaknya update fan account Kpop. Posisi Pak Anies yang seperti idol Kpop habis pulang manggung di Inkigayo dan beliau yang gaptek alias nggak paham cara matiin live betul-betul seperti idol Kpop kebanyakan. Kpopers sejati pasti ngerti jokes macam ini.
π¦: λ¨ μκΈ° νμ§ λ§μΈμ.. λ μ§κΈ μ¬κΈ° μμ΄μ… pic.twitter.com/RXdk8oid96
— μλμ€ (@aniesbubble) December 29, 2023
Besoknya, tanggal 30 Desember 2023, akun ini mengumumkan bahwa akun mereka khusus untuk Pak Anies.
hello! this is a new account for our capres Anies Baswedan. follow us and turn on our notifications!#Anies #μλμ€ pic.twitter.com/dG3HVZE3p4
— μλμ€ (@aniesbubble) December 29, 2023
Yang bikin heboh, di tanggal yang sama, akun Twitter resmi Pak Anies menyematkan emoji burung hantu di bio beliau, bersebelahan dengan emoji semangka yang merupakan simbol dukungan untuk Palestina. Gambar burung hantu sendiri dipakai Anies Bubble sejak awal untuk merepresentasikan sosok Pak Anies yang merupakan akademisi. Makna lengkap dari simbol burung hantu bisa dibaca di sini.
π¦π¦π¦π¦ pic.twitter.com/URZeBTp3qQ
— μλμ€ (@aniesbubble) December 30, 2023
Sejak itu kemunculan akun Anies Bubble jadi fenomena tersendiri. Setiap postingan mereka selalu ramai. Baru setengah jam nge-post, tingkat views-nya bisa langsung ratusan ribu. Tanggapan warga Twitter? Ikut serta dalam keseruan politik riang gembira. Sebagaimana Anies Bubble yang konsisten mengusung konsep Kpopfication dengan tetap menggunakan huruf Hangul dan English dalam setiap post-nya, membuat postingan 'spotted' alias nggak sengaja ketemu Anies di area publik, woro-woro upcoming event Pak Anies, dan tentu masih memosting potongan video-video live TikTok Pak Anies, followers akun ini pun tak mau kalah dengan 'menyamar' bak fans Kpop beneran. Semua heboh membuat reply dengan bahasa-bahasa umum fans Kpop seperti penggunaan Bahasa Tagalog, komen "come to Brazil", sampai membuat format komen seolah ada di situs panncafe. Saya yang sebagian ngerti dengan budaya Kpoppers betul-betul terhibur. Pak Anies sendiri dibikinin nama Korea: Park Ahn Nice. Sedangkan cawapresnya jadi Cha I Min.
[Desak Anies]
— μλμ€ (@aniesbubble) January 2, 2024
EVENT NOTICE
2024. 01. 03(μ)
⭐ μ₯μ Istana Basa Pagaruyung
⏰ μκ° 09:30 (WIB)#Anies #μλμ€ #DesakAnies pic.twitter.com/fXnw3h13bO
Anies with Olpbong at Desak Anies Samarinda this afternoon! π¦π€
— μλμ€ (@aniesbubble) January 11, 2024
©️owner pic.twitter.com/CVmSFH0prB
Nggak sampai di sana, kemudian muncul akun Olppaemi Project yang terniat mengusung konsep budaya penggemar Kpop ke kampanye Pak Anies ke level berikutnya.
Good day, Manies! This is an account to hype up Abah Anies. Fan project is on the wayπ Take your part by following us! pic.twitter.com/dWbuLdzccl
— Olppaemi Project (@olpproject) January 4, 2024
Proyek pertama mereka adalah videotron yang memang biasa dipersembahkan fans untuk idol mereka yang sedang ulang tahun. Donasi pun dibuka untuk mendanai proyek ini. Tanpa disangka, atau disangka mengingat seantusias apa orang-orang, dana yang terkumpul betul-betul fantastis. Beberapa waktu kemudian pun muncul pengumuman bahwa video Anies sudah siap rilis. Ada dua lokasi pertama yang sudah siap: di Bekasi dan Jakarta. Tapi, kurang dari 24 jam, videotron tersebut malah diturunkan pihak pengelola. Dan gara-gara hal ini, proyek Olppaemi malah jadi pemberitaan di mana-mana.
Apresiasi setingginya buat semua yg sudah jalankan dan dukung inisiatif luar biasa ini, walau berujung tidak seperti yg kita harapkan.
— Anies Rasyid Baswedan (@aniesbaswedan) January 15, 2024
Tetap semangat, karena sebesar apapun tekanan yg kita terima, tidak ada apa-apanya dibanding tekanan hidup yg dijalani rakyat kebanyakan setiap…
Bikin videotron sudah. Lightstick juga sudah. Trus apalagi ya? Ahh, food truck! Tahu dong apa itu food truck? Itu loh, mobil yang biasanya menyediakan minuman dan cemilan gratis. Biasanya dikirim dan didanai penggemar untuk idol-nya yang sedang ada proyek. Pak Anies yang sudah dapat julukan Abah Online gara-gara wejangan-wejangannya selagi live TikTok akhirnya dapat food truck juga pada event Desak Anies Edisi Nakes di Jakarta.
Kalau dibilang Anies Bubble adalah game changer di Pemilu kali ini ya nggak salah juga. Sejak mereka dengan Olppaemi Project bikin proyek videotron dengan desain video dan gambar yang lucu-lucu, akhirnya bermunculan akun yang ikutan bikin proyek tanpa terafiliasi dengan Timnas Amin. Semua bergerak independen dengan bantuan donasi dari orang-orang. Salah satunya adalah LED Truck.
FUNDRAISING TRUCK LED SUPPORT @aniesbaswedan@cakimiNOW OFFICIALLY CLOSED.
— leo - Humanies Project π¦ (@rymnleo) January 28, 2024
Terimakasih Humanies yang telah percaya dengan kita ✨ Masih ada 4 Spot yang akan berjalan.
Saat ini jumlah donasi masih dalam perhitungan dan kami akan mengirimkan email LPJ segera.… pic.twitter.com/VTK8I4zMwH
Ini dia sang Truck LED yang wara-wiri di jalanan.
Check it out Tangerang People !
— leo - Humanies Project π¦ (@rymnleo) January 29, 2024
LED Truck support Abah @aniesbaswedan dan Uri Fake Maknae @cakimiNOW . #SpotAbahAnies at Kota Tangerang & Kota Tangerang Selatan.@aniesbubble pic.twitter.com/h4m8GOqSS1
Bayar spot iklan di TV mahal. Jadi gimana kalau buat iklan di medsos aja? GASS!!!
[π£] Humanies π¦! We’re opening donations again for ads support Abah Anies.
— leo - Humanies Project π¦ (@rymnleo) January 30, 2024
The funds will go towards:
✅ Youtube Ads
✅ Facebook Ads
✅ Tiktok Ads
✅ Instagram Ads
Link Support : https://t.co/1UgpkYH8QH pic.twitter.com/OK5CxTN9ol
π¦HUMANIES CUPSLEEVE EVENT X ππΌππ NOBAR DEBAT CAPRES @TGR π¦
— leo - Humanies Project π¦ (@rymnleo) January 27, 2024
The long wait is over! ✨
Let's Join Us !
π Sunday, February 4th 2024
⏰ 16.00 – 21.00
π Sans Kafe, Islamic Village Tangerang
RSVP:https://t.co/GxkJ5vEP42
See you there! π¦#HumaniesCSENOBAR pic.twitter.com/NRgjsbaJED
Terbaru, Anies Bubble merilis situs haveaniesday versi terbaru yang lebih gemes dan kreatif. Sebelumnya mereka juga sudah merilis situs dengan gambar-gambar yang gemes abis.
Our Last Gift to ν΄λ¨Έλ
— μλμ€ (@aniesbubble) February 12, 2024
【HaveAniesDay 2.0】
π³ππ’π ππ π½πππππ, πππ ππππ.
πhttps://t.co/sWmNE9Vyic pic.twitter.com/DwvT8ylp4i
Saya bisa bayangkan, orang-orang di balik Anies Bubble dan Olppaemi Project betul-betul kegirangan bisa melakukan apa yang biasa dilakukan fans di Korea sana untuk idolanya. Lebih dari itu, usaha mereka layak banget diapresiasi untuk meningkan awareness event pemilu di kalangan anak muda yang sering dilabeli apatis. Take a note ya para politikus sok tau, nggak usah sok ngaku-ngaku partai anak muda, dekat dengan anak muda, jargon politik riang gembira, bla-bla-bla, padahal nggak paham apa-apa soal kesenangan anak muda.
Game changer!
note: tulisan ini selesai pada tanggal 14 Februari 2024 pukul 12:58 dini hari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar