Minggu, 29 Desember 2019

Time To Listen To Yerin Baek



Satu hal yang bikin saya stay untuk mendengar lagu Yerin Baek adalah suaranya. Karena terus terang musik model chill seperti yang dia usung bukan selera saya. Suaranya yang 'bulat' dan enak banget itulah yang bikin saya awalnya mau coba sabar dengerin sampe akhirnya nge-play setiap hari kayak sekarang. Hehehe.

Sejak suka Day6, saya jadi cukup kenal sama artis-artis JYP yang lain. Salah satunya adalah Yerin. Waktu dia rilis lagu Maybe It's Not Our Fault sekitar Maret tahun ini saya juga sempetin buat nontonin video klipnya. Tapi saat itu lagunya nggak nyantol di kuping saya. Saya tuh sukanya lagu yang emo, kalau yang chill gitu jarang nyangkut. Saya malah lebih tau soal kontroversi Yerin ketimbang lagu-lagunya. Lol.

Jadi menurut artikel-artikel yang saya baca sih dia rada bandel, meski netizen Korea mengakui dia musisi berbakat. Bahkan waktu dia resmi keluar dari JYP, netizen berspekulasi kalau ini nggak jauh-jauh dari perkara attitude. Maklum, JYP terkenal mengutamakan attitude artisnya, selain bakat. Kata netizen, "apalah gunanya Yerin bersuara bagus kalau kelakuannya minus?"

Yah, kalau saya sih sebodo amat. Malah, it's time to stan that bitch? Hahahaha. Nggak lah yaa. Suara dan musiknya Yerin pastinya yang bikin saya betah nge-play terus lagu-lagunya.


Time To Stan This B*tch?


Iya, setelah dulu gagal suka, kali ini saya ngasih diri saya kesempatan untuk mendengar Yerin sekali lagi. Penasaran, karena album Every Letter I Sent You berhasil memuncaki tangga lagu di Korea sana. Konon Yerin adalah penyanyi Korea pertama yang berhasil menempatkan lagu berbahasa Inggris di puncak tangga lagu.

Lagu yang saya coba denger itu berjudul Square. Kesan pertama tetep 'hmm, bukan selera gue', tapi stay karena suara nih cewek enak banget. Bulat, soulful, powerfull ~~ gitulah pokoknya. Ujung-ujungnya saya nge-shuffle semua lagu Yerin di Spotify. Sekali lagi, nggak gampang nyantol di kuping. Lagu demi lagu nggak ada yang nempel seketika. Tapi entah kenapa saya tetep betah dengerin semua tracks

Kemudian saya coba-coba nonton fancam di Youtube, sampe akhirnya tau sejumlah lagu di album Every Letter I Sent You udah sering dia nyanyiin di banyak kesempatan manggung, bahkan sejak tahun 2017. Hmm, jadi keingetan artikel soal Yerin yang agak protes ke JYP, kayak seakan-akan dia nggak bebas untuk bermusik selama masih di JYP. 

Tapi serius, setelah tau musik Yerin kayak gimana, saya ngarep banget dia tetep di jalur indie. Nggak usah ngikut-ngikut trend Kpop (please banget ini mah!). Lagu-lagu dia mungkin nggak chatchy, nggak gampang nyantol, tapi secara musikalitas lagunya betul-betul kaya. Please, dunia musik nggak pernah kekurangan penyanyi pop, tapi artis yang menulis sendiri lagu-lagunya selalu punya tempat.

Saya harap dia memang tipikal artis yang ngerasa cukup bisa bermusik secara bebas lalu bisa sing along dengan penggemar yang nggak banyak-banyak amat. Toh dia sebetulnya populer banget di Korea ~~ thing that really matters for Korean artist, right? Saya berharap banget Yerin nggak akan pernah tergiur buat jadi superstar yang tolok ukurnya selalu popularitas dan trending medsos. Bukan bermaksud sok edgy, ogah nge-stan kalau sang artis indie udah terkenal dan jadi mainstream. Saya sih seneng-seneng aja kalau makin banyak yang apresiasi musik dia. Cuma berharap banget musik dia nggak berubah ngikut pasar.




So, setelah nge-play lagu-lagu doi berulang-ulang, ini dia beberapa lagu favorit saya dari Baek Yerin. Sebagai catatan awal, interpretasi saya tentang lagu-lagu di bawah ini bisa jadi kurang tepat. Saya sih ngerasanya karena lagu-lagu doi banyak yang sangat personal, jadi sebagai pendengar, interpretasi saya sangat mungkin keliru.


1. Our Love Is Great

The music itself is great! Liriknya asyik. Kalau saya nggak salah maknain sih kayak ini pernyataan Yerin kalau dia dan band-nya punya cinta yang luar biasa. Kalau orang lain menganggap aneh dan mau mereka pergi, ya udah nggak apa-apa, toh their love is great and that's enough for them. Omong-omong di tengah lagu ada part Yerin says thank to everyone. Dari versi studionya emang gitu sih. Cuma kenapa ya lama-lama rada cringe dengernya, hahaha. Soalnya diulang-ulang setiap tampil. Mungkin ke depannya Yerin bisa improvisasi kata-katanya jadi terima kasih untuk semua yang sudah datang ke acara manggung dia?

But still, the song is great for me!

Untuk penampilan lagu ini kamu bisa tonton di video ini.


2. His Ocean (Geueui Bada)

Lagu full berbahasa Korea. Bercerita tentang sejoli yang lagi diterpa cobaan. Iya, meskipun you call me the ocean yang luas, akan tetap ada ombak dan angin. Lagu full emotions, jelas cocok buat penggemar lagu emo. Lol. 


3. Popo (How Deep Is Our Love?)

Lagu bucin yang sweet dan romantis abis! Ditambah video klip yang estetik, jadilah lagunya asyik banget buat dinikmatin. Can I walk with you? Or have a tea with you? Your scent makes me feel like I live in Paris.

Oh, boy!



4. 0310

Judul lagunya 0310 karena ditulis tanggal 10 Maret 2016. Personal banget, kan? Suka-suka yang compose lah ya mau ngasih judul apa. Hehehehe. Lagu balad ini menceritakan tentang sejoli yang lagi di ujung tanduk. Sudah ada video klip resminya. Tapi penampilan live Yerin di lagu ini juga banyak, terutama yang sambil main gitar.


5. As I Am

Please, Yerin Baek, inget-inget lagu ini kalau sekiranya di masa depan kamu kepingin berubah haluan dan jadi superstar diva! Just be as you are! 


6. Square

Ini dia lagu yang bikin Yerin dikritik netizen. Awalnya Yerin bikin pernyataan kalau dia nggak gitu sreg waktu lagu ini masuk ke studio, jadi dia menolak buat rilis versi studionya. Dia minta penggemar berhenti minta dia ngerilis lagu ini. Nah, penggemarnya tetep ngeyel. Jadi deh Yerin negor fansnya. Lalu, boom, kornet alias Korea Netizens ikut-ikut komen, bilang si Yerin nggak ada attitude, fans kok malah diajak berantem sih, Mbak! But anyway, lagunya enak. Nggak usah pikirin kontroversi, just enjoy!


Itu dia beberapa lagu Yerin yang jadi favorit teratas saya. Sebetulnya sih masih banyak yang saya suka. Masih ada Newsong2, That's Why, London, Merry And The Witch' Flower, Mr.gloomy, Don't Leave Me Alone, dan masih banyak lagi. Cuma beberapa lagu aja yang suka saya skip. Umumnya sih saya suka dari musiknya dulu, baru lirik.

So, give this girl a chance to please your ears!




*all pictures are from @yerin_the_genuine
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar