Kamis, 31 Desember 2020

Refleksi Tahun 2020

 
Tahun paling menantang sekaligus paling depresif buat kebanyakan orang. Banyak yang kehilangan pekerjaan. Banyak yang kehilangan orang-orang tercinta. Perkaranya apalagi kalau bukan Covid 19 alias virus corona. Lalu, bagaimana kehidupan saya sendiri di tahun ini? Mari sedikit berefleksi!


Frustasi gara-gara corona, atau tepatnya gara-gara aspek mitigasi Pemerintah yang kacau-balau, pernah saya tulis di sini. Sampai sekarang saya masih kepingin banget mencak-mencak ke Bapak Terawan a.k.a mantan Menkes. Yep, bapak awan udah diganti. Dan penggantinya, Bapak Budi Gunadi, beberapa hari lalu bikin konferensi pers tentang rencana pemerintah perihal pengadaan vaksin. Merasa lebih aman bersama Menkes baru? Well, banyak yang merasa begitu.

Mobilitas saya, sebagaimana orang lain, tentu jadi terbatas di tahun ini. Seharusnya saya ke Singapur bulan Maret lalu. Huhuhu sedih, paspor belum keisi apapun sejak bikin tahun lalu. Pergerakan saya di tahun ini mentok sampe Bogor. Sehari-hari ya cuma di kisaran Tangerang.

Iya, saya sempet one day trip ke Bogor. Cuma sekali itu kayaknya saya pergi liburan tahun ini.

Saya pernah di tahap parno. Awal-awal pandemi saya bahkan ngeri untuk sekadar belanja agak lama di Indomaret. Pun nggak mau juga lama-lama di kantor. Sempet nyetok mie instan dan sarden kaleng juga beberapa. Tapi ya gitu, lama-lama perihal karantina ini bikin lelah. Saya nggak jadi bebas atau gimana sih. Lagipula setiap hari harus ngisi form pemeriksaan mandiri dari kantor yang mesti dinyalain GPS dengan alamat rumah. Cuma ya gitu, kalau cuma ke mal atau naik KRL sih ya hajar! 

Eits, tapi tetep dong berpegang ke jargon, "DENGAN MEMPERHATIKAN PROTOKOL KESEHATAN!" Udah macem magic words aja anjay!

 

Ingat prokes kata Pak Pres!

 

Jadi, dengan adanya si mikro pengguncang dunia, apakah totally hidup saya di tahun ini sedemikian suram? Surprisely, no. I really mean it! Apalagi kalau mau ngebandingin sama tahun 2019. Tahun lalu tuh kayak kelabu banget buat saya. Sementara tahun ini, dengan segala keterbatasannya, adalah tahun penuh hal baru yang patut disyukuri.

Hal-hal baru yang saya lakukan di tahun ini sudah saya tulis di sini.

Dan tahun ini suasana hati saya jauh lebih damai. Lebih terisi. Nggak kebanyakan rungsing dan suram seperti tahun lalu. Wkwkwk.

Saya percaya salah satu penyebabnya adalah kucing. Iya, serius! Meski para miau-miau itu menuntut pengeluaran nggak kecil, tapi saya seriusan merasa kehadiran mereka berpengaruh sama kebahagiaan saya di tahun ini. Ada yang lahir lalu pergi. Tapi si galak ini menetap. Moga panjang umur, Kevina galak! Wkwkwk.

 


Lalu tahun ini saya punya teman yang kehadirannya nggak seperti yang sudah-sudah. Berawal dari sesi curhat yang tidak direncanakan, saya sekarang suka chat hal-hal random nggak penting, yang jujur aja kayaknya nggak pernah saya lakukan sebelumnya. Iya, saya dan circle pertemanan saya biasanya nge-chat untuk hal-hal penting aja. Saya juga rutin ketemu. Nggak sulit nyari alasan ketemuan.


"Wei, temenin gue ke CP nyari jeans!"


Selain itu saya juga mempertahankan persahabatan sama temen SMA saya, setelah tahun lalu saya lumayan kecewa. Yah, well, ketika kami ketemuan, enam jam habis buat sesi curhat dahsyat yang bikin saya merasa kami bak perempuan jalang. Hahaha. Wadudu, imajinasi saya tentang seorang jadi semakin liar sejak itu!

Tahun ini juga, menyadari bahwa setiap orang punya kebutuhan untuk didengar, saya kepingin merangkul teman-teman akrab. Minimal ngajak makan keluar satu-dua jam untuk ngobrol. Niat saya, jangan sampe temen saya itu jatuh ke lubang depresi tanpa saya tahu dan pernah mengulurkan tangan. Belum betul-betul terlaksana sih.

Hmm, masih soal habluminannas, gimana soal hubungan romantis? Dua kali gagal di tahap awal. Wkwkwk. Gatau ah. Fokus ke laki orang aja deh.

Saya ngomongin Lee Byun Hun loh ya.

 

Laki orang memang mempesona wkwkwk


Omong-omong di tahun ini saya merasa soft skill saya dalam hal bercakap-cakap dengan orang baru meningkat pesat. Kayaknya siapa aja yang ke kantor pasti saya ajak ngobrol satu-dua hal. Itu juga masalahnya; orang yang awkward nggak tau mau ngobrol apa jadi nggak banget di mata saya. Apalagi dalam rangka PDKT. Ya maaf-maaf aja kalau situ nggak menarik di mata saya karena terlalu pasif.

Tahun ini banyak langkah awal yang saya buat. Bikin blog film. Bikin akun Goodreads. Bikin akun Twitter personal yang mutualnya adalah para bookish. Lalu nge-drop novel di platform online walau sekarang belum jalan lagi.  

Lalu, di penghujung tahun ini saya mau mulai merintis akun olshop khusus jualan baju loak alias thrift. Sesi ngobrol dengan seorang teman mendorong saya untuk, "oke, kita mulai sekarang!". Baru banget selesai hari ini upload di Shopee. Besok kemungkinan saya upload di Instagram dan bikin akun promosi di Twitter. Saya nggak berharap flop; lebih ke mikirin ini baju mau dikemanain kalau nggak ada yang beli. Tapi, berpegang sama niat awal, pokoknya gimana pun ke depannya, saya mau ikhlasin buat ajang saya belajar hal baru yaitu berbisnis.




Gila juga, di tahun yang penuh dengan keterbatasan ini saya malah memulai banyak hal! 

Termasuk belajar naik motor.

Wow. 

Awal tahun lalu saya sebenernya niat belajar nyetir mobil... yang berakhir keluar duit 3 jutaan gegara bumper depan mobil kakak saya penyok. Wkwkwk. Iya, saya nabrak pohon sama tiang pembatas jalan gitu. Duit keluar, skill nggak dapet. Keburu stres dan jiper. Kayaknya kalau saya mau belajar nyetir lagi, saya mau pake sedan usang aja. Yang kayak dipake Christine di Lady Bird gitulah. Jadi saya nggak keburu terintimidasi sama bodi mobil yang bongsor. Yang imut-imut ajalah macam sedan.

Oh, ya ampun, gara-gara ngelola blog review film, saya jadi banyak nonton film bagus. Wah, apalagi dari Thailand. Menyenangkan banget melihat sinema mereka nggak segan ngasih ending bittersweet di film romcom. Sawadikap!

Dan seneng juga dong karena di tahun ini saya relatif baca buku lebih banyak daripada tahun lalu. Hehehe, plus banyak juga yang DNF gegara keburu hilang di rak iPusnas. Gimana dong, masih kurang determinasi nihh soal buku. Tapi niat saya perihal buku belum berubah. Pokoknya saya mau sebanyak-banyaknya baca buku dari penulis berbeda-beda. 

Oh, balik soal motor, saya udah bisa dong bawa motor sendiri! Yah, mobil nggak bisa, motor pun jadilah ya. Saya malah udah nyampe Senen sendirian. Tanpa SIM. Hehehe. Omong-omong saya beli bekas. Biar deh bekas. Pokoknya saya nggak mau nyicil aja.

Tuh kan, hidup saya cukup menyenangkan di tahun ini. Terima kasih, Tuhan!

Me to 2021: let the games begin!

 

source

 

Main pic from here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar