Rabu, 24 Oktober 2018

Review Drama Korea Familiar Wife



Selama penayangannya, drama Familiar Wife adalah prioritas ke dua saya setelah Time. Slotnya pun sama, Rabu dan Kamis. Saya biasanya nunggu sampe keluar terjemahan Indonesia-nya. Hehehe. Bukan berarti dramanya nggak bagus ya. Cuman nggak secinta itu aja sama drama ini sampe kepingin buru-buru nonton; baru rilis yang english subtittle, langsung hajar ~~ bukaaann! Omong-omong, Familiar Wife tayang di TVN sebanyak 16 episode mulai tanggal 1 Agustus sampai 20 September 2018.



Sinopsis Singkat



Cha Joo Hyuk (diperankan oleh Ji Sung) dan Seo Woo Jin (diperankan oleh Han Ji Min) bertemu pertama kali 12 tahun lalu, saat Joo Hyuk masih kuliah dan Woo Jin masih SMA. Dulu, Joo Hyuk menolong Woo Jin yang menjadi korban pelecehan seksual di muka umum. Sejak saat itu Joo Hyuk dan Woo Jin menjadi dekat sampai akhirnya menikah dan memiiki 2 anak. Namun kisah cinta manis tidak berlangsung mulus. Di tengah perjalanan pernikahan mereka, Joo Hyuk menemukan Woo Jin menjadi sosok yang tidak ia kenal. Woo Jin yang dikenalnya dulu merupakan gadis ceria. Namun kini Woo Jin telah berubah menjadi sosok istri pemarah dan gampang meledak. Joo Hyuk benar-benar tidak mengerti mengapa Woo Jin bisa berubah menjadi semengerikan itu.

Suatu hari Joo Hyuk mengalami kejadian aneh. Saat melewati sebuah portal jalan, tiba-tiba ia terlempar ke masa 12 tahun lalu. Merasa jengah dengan kehidupan yang dijalaninya sekarang, Joo Hyuk pun memanfaatkan keajaiban itu untuk mengubah takdirnya. Ia "merevisi" takdirnya dengan cara mengintervensi pertemuannya dengan Woo Jin. Akibatnya, 12 tahun kemudian, Joo Hyuk tidak lagi menjadi suami Woo Jin, melainkan Lee Hye Won (diperankan oleh Kang Han Na).

Kehidupan barunya tampak membahagiakan Joo Hyuk pada awalnya. Kini ia bukanlah pegawai bank biasa yang terpaksa berhemat demi mendahulukan kebutuhan keluarga dan selalu terburu-buru mengejar kereta untuk sampai ke kantor. Ia pun bukan lagi suami Woo Jin yang pemarah. Joo Hyuk yang sekarang adalah suami Hye Won; putri seorang konglomerat. Ia masih seorang pegawai bank, namun dengan status sebagai menantu konglomerat, uang tidak lagi menjadi masalah. Di kantornya pun Joo Hyuk mendapat lebih banyak respek karena pengaruh stastusnya tersebut.

Namun rupanya takdir Joo Hyuk akan selalu bersinggungan dengan Woo Jin. Wanita itu muncul lagi sebagai pegawai baru di bank tempat Joo Hyuk bekerja. Meski awalnya ingin mengabaikan kemunculan Woo Jin, Joo Hyuk akhirnya tidak bisa melepaskan wanita itu begitu saja. Apalagi ketika sahabat Joo Hyuk sesama pegawai bank, Yoon Joong Hoo (diperankan oleh Jang Seung Jo), memutuskan untuk mengejar Woo Jin. Apakah Joo Hyuk akhirnya menyesal telah mengubah takdirnya bersama Woo Jin?


Seandainya...



Sejak penayangannya pertama kali, drama Familiar Wife selalu dibilang mirip dengan drama Goback Couple. Tapi makin jauh, penonton mengakui bahwa dua drama ini berbeda sama sekali, meski banyak yang bilang Goback Couple jauh lebih bagus. Kritikan yang sering terdengar adalah fakta bahwa Joo Hyuk hanya satu kali teringat anak-anaknya ~~ yang kemudian tidak terlahir akibat "revisi" takdir yang dilakukan Joo Hyuk 12 tahun lalu. 

"Kok bisa-bisanya orang tua nggak inget anaknya?" Begitu kira-kira kritikan netizen yang, lagi-lagi, membandingkan dengan Goback Couple. Soalnya katanya di Goback Couple, para karakter yang kembali ke masa lalu untuk mengubah takdir selalu teringat anak mereka yang sudah lahir di masa depan. Begitulah. Selain itu menurut netizen, karakter Joo Hyuk dianggap menyebalkan dan tidak bertanggung jawab, karena sudah menyia-nyiakan Woo Jin, namun akhirnya tidak rela saat Woo Jin dekat dengan Joong Hoo. Woo Jin sendiri juga dianggap terlalu mudah memaafkan Joo Hyuk padahal sudah pernah dicampakkan.

Buat saya sendiri, saya bisa menarik banyak pesan moral dari drama ini, di antaranya adalah mensyukuri pasangan sebagaimana adanya. Alih-alih kabur, seharusnya kita merawat sebuah hubungan dan memperbaiki apa yang salah. Kurang lebih begitu yang pesan saya tangkap, walau kalau dilihat secara keseluruhan, kok ya enak banget kalau bisa kembali ke masa lalu untuk mengintervensi peristiwa yang kita anggap akan menjadi batu sandungan di masa depan. Kata sebuah review tentang drama ini yang pernah saya baca, drama ini terkesan tidak bertanggung jawab. Emang iya sih!

Dalam perjalanan drama ini memang diceritakan Joo Hyuk akhirnya sadar bahwa pangkal masalah adalah dirinya sendiri. Gimana nggak, kehidupan rumah tangganya bersama Hye Won yang awalnya tampak sempurna pun akhirnya berantakan. Ujung-ujungnya, sama seperti Woo Jin, Hye Won juga tidak bahagia menjadi istri Joo Hyuk. Lalu, ketika semuanya lagi-lagi berantakan, intervensi takdir pun kembali dilakukan. Wah! Kadang-kadang saya kepingin endingnya dikisahkan kalau semua yang terjadi cuman ada di mimpi Joo Hyuk. Tapi kalau itu dilakukan mungkin saya pun bakal kehilangan kepercayaan sama drama ini, kayak... lah, ngapain gue ngabisin waktu nonton ini kalau ternyata semuanya cuma mimpi???


Sub Plot


Lalu, selain kisah cinta Joo Hyuk dan Woo Jin yang menjadi plot utama, Familiar Wife juga menyajikan sub plot di sana-sini. Ya tentang Hye Won yang sempat main mata dengan brondong, kisah cinta para pegawai bank, sampai kehidupan rumah tangga adik Joo Hyuk. Mulus dan cukup menyenangkan untuk dilihat, walau kadang-kadang menimbulkan pikiran bahwa pokok konflik drama ini sebetulnya ringkas. Tanpa banyak sub plot, kisah cinta Joo Hyuk dan Woo Jin memang bisa rampung dengan cepat.


Ji Sung dan Han Ji Min




Aktor senior memang bisa diandalkan. Sepanjang drama nyaman banget melihat mereka di layar. Karakter Joo Hyuk yang kekanakkan dan kadang ciut di depan istri, dapet banget diperanin Ji Sung. Yang ganggu palingan saat adegan Joo Hyuk masih mahasiswa. Nggak bisa bohong, walaupun Ji Sung itu ganteng dan mungkin termasuk awet muda untuk ukuran usia dia sebenarnya, tapi dia udah nggak pantes berperan jadi mahasiswa. Serius! Keliatan nggak wajar. Miane penggemarnya Ji Sung...




Sebaliknya, Han Ji Min malah cocok aja di setiap periode kehidupan Woo Jin. Padahal sih ya, wajah Han Ji Min itu menurut saya berkesan dewasa. Tapi ternyata dengan riasan dan cara berpakaian yang tepat, Han Ji Min keliatan masih cocok-cocok aja berperan sebagai gadis SMA. Aktingnya pun nyaman banget dilihat. Watak ceria khas gadis SMA-nya dapet. Charming, berselera humor aneh, dan sedikit agresif ketika sudah menjadi wanita dewasa pun dapet banget. Dan beringasnya sebagai ibu rumah tangga stres pun oke! Sekali lagi, aktor senior memang bisa diandalkan. Berkat akting Han Ji Min, saya bisa merasakan sakit dan tak berdayanya menjadi Woo Jin. Di satu sisi, ia benci karena tahu pernah dibuang, tapi di sisi lain nggak bisa membohongi perasaannya yang selalu tertuju pada Joo Hyuk.





Recommended?


Bromance

Jangan banyak kritik, tonton aja ~~ kurang lebih begitu jawaban saya atas pertanyaan di atas. Tonton aja! Ceritanya manis, ending-nya super manis, bromance-nya juga lucu. Of course, jangan lupakan sisi bromance-nya. Aktor Jang Seung Jo yang memerankan sahabat Joo Hyuk itu salah satu yang menonjol di drama ini. Aktingnya ekspresif. Chemistry-nya sama Ji Sung dijamin bikin kita ngikik-ngikik geli. Bahkan, departemen akting bisa dibilang merupakan faktor utama yang menarik di drama ini. So, selamat menonton! 



Images from @tvndrama.official 
        

2 komentar: