Senin, 11 September 2023

Review Drama Original Netflix: MASK GIRL (2023)


Woah, lebih dari satu bulan blog ini tidak diperbaharui. Saya nggak berambisi jadi manusia si paling produktif, tapi kalau malas-malasan terus pun biasanya berakhir penyesalan kemudian. Hanya aja belakangan, saya cenderung enggan melakukan kegiatan yang dulu menyenangkan. Look how loneliness can leads you. But eniweeeiii, saya baru kelar nonton serial original Netflix berjudul Mask Girl yang rilis di tanggal 18 Agustus lalu. Serial yang diangkat dari webtoon ini punya 7 episodenya saja.

 

Sinopsis Singkat

Sejak kecil Kim Mo-mi (Lee Han-byeol) bermimpi menjadi bintang panggung yang dicintai banyak orang. Menyadari impiannya tidak akan pernah terwujud karena faktor wajahnya yang selalu diolok-olok orang, di malam hari sepulangnya bekerja, Mo-mi memakai maskernya dan tampil dalam sebuah siaran langsung. Dalam persona Mask Girl yang berbodi aduhai, Mo-mi mendapat banyak penggemar yang menyukai penampilannya saat bernyanyi, menari ataupun melakukan tantangan-tantangan kecil.

Seorang penggemar berat Mask Girl, Joo Oh-nam (Ahn Jae-hong), rupanya adalah rekan Mo-mi di kantor. Oh-nam mengenali Mo-mi sebagai Mask Girl dari ciri-ciri fisik dan cerita keseharian yang sering gadis itu bagikan dalam siaran langsungnya. Singkat cerita, Oh-nam jatuh cinta kepada Mo-mi dan diam-diam sering memperhatikannya.

 


 

Suatu waktu, seorang penggemar Mask Girl lain mengajak Mo-mi untuk bertemu langsung. Tidak disangka sang penggemar malah berniat memperkosa Mo-mi. Saat Mo-mi mencoba membela diri, sang penggemar terbentur benda keras hingga tak sadarkan diri. Di kala Mo-mi panik, Oh-nam yang memang menguntit gadis itu datang membantu, dan bahkan mengambil alih untuk membereskan masalah yang timbul. Caranya adalah dengan memutilasi korban demi menghilangkan jejak.

Mo-mi yang depresi dan ketakutan akhirnya mengundurkan diri dari pekerjaannya dan kemudian melakukan operasi plastik. Mo-mi berniat memulai hidupnya yang baru. Namun kehidupan barunya lagi-lagi dimulai dengan pertumpahan darah. Kasus pembunuhan yang satu ini pun mengundang Kim Kyung-ja (Yum Hye-ran), ibu Oh-nam, muncul di hadapan Mo-mi hanya dengan satu tujuan: balas dendam.




Tiga Aktris

Meski cuma punya 7 episode, karakter Mo-mi sampai diperankan 3 aktris sekaligus! Setiap aktris memerankan Mo-mi dalam setiap fase hidupnya. Fase pertama adalah masa di mana Mo-mi dianggap jelek. Dirundung atau diperlakukan kasar karena faktor wajah sudah menjadi makanan sehari-hari. Saya pernah nulis di blog ini kalau semisal pakai standar kecantikan Korea, saya sudah pasti masuk kategori jelek pake banget. Seperti aktris yang memerankan Mo-mi di fase pertama, saya pun punya tulang pipi yang menonjol; bikin raut wajah terlihat kasar dan sangar. Fiuhh.

 


 

Lalu fase kedua adalah masa di mana Mo-mi sudah bertransformasi menjadi wanita cantik (diperankan oleh Nana) namun harus bersembunyi karena tragedi di masa lalu. Kemudian di fase ketiga adalah masa ketika Mo-mi berperan sebagai seorang narapidana, sekaligus seorang ibu yang mampu melakukan apapun demi anaknya (diperankan oleh Ko Hyun-jung).

 

Tragic Heroin

Gara-gara muka jelek, kehidupan jadi hancur lebur. Sudah nggak jaman lagi berarti istilah beauty is a curse. Di Mask Girl, protagonisnya justru melalui banyak tragedi gara-gara wajahnya yang dianggap jelek. Ngenes banget pokoknya tokoh protagonisnya di sini. Seumur hidup nggak pernah sekalipun bahagia. Udahlah ditolak ibunya, dirundung sejak kecil, diperkosa, terlibat kasus pembunuhan, lalu berakhir di penjara. Padahal sebetulnya karakter Mo-mi punya hati yang baik loh. Sungguh sebuah kehidupan yang tragis.


Recommended?

Sulit dijawab. Jujur saya nggak terlalu menikmati, malah hampir bisa dibilang saya menyeret diri sendiri untuk menamatkan episode demi episode yang nggak seberapa itu. Saya curiga karena suasana hati yang nggak mood ngapa-ngapain, makanya jadi kurang enjoy. Tapi di sisi lain, saya merasa memang drakor satu ini cukup boring di awal-awal. Trus kerasa random aja gitu, tiba-tiba nusuk orang sampai mati. Apa mungkin orang betul-betul kehilangan akal saat di posisi seperti itu? Saya baru lumayan menikmati sewaktu Mbak Nana keluar cegil behaviour-nya sewaktu di penjara. Selebihnya? Kureeenggg. Maap. Tapi bolehlah ditonton, cuma 7 episode kok.





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar