Selasa, 15 Maret 2016

Lagi, Tentang Media Development Program NET TV

sumber
Ada lonjakan penayangan yang cukup signifikan di blog saya. Postingan saya yang sedang banyak di-search itu mengenai program Media Development Program (MDP) Net TV tertanggal 4 November 2014.

Sejauh yang saya tahu Net TV tahun ini memang menyelenggarakan MDP lagi. Open recruitment-nya bakal digelar di Istora Senayan besok 16 Maret 2016. Dan seperti saya tahun 2014 lalu, orang-orang yang berniat ambil bagian pasti mulai mencari tahu apapun yang berkaitan dengan program tersebut. Setidak-tidaknya ada sedikit tambahan gambaran tentang bagaimana proses recruitment-nya nanti berlangsung. Orang-orang yang pernah ikut MDP sebelumnya lantas membagi pengalamannya lewat tulisan di blog akan sangat bermanfaat untuk yang baru akan ikut besok.

Sampai saat ini terhitung ada 7 email yang masuk ke email yahoo dan gmail saya dengan maksud bertanya lebih jauh soal MDP. Dalam postingan saya 4 November lalu itu memang saya menjawab sebuah komen yang masuk untuk melayangkan pertanyaan via email pribadi saya. Ya, kamu-kamu yang hendak bertanya tentang MDP bisa kirim pertanyaan via email saya atau meninggalkan pesan di kolom komentar blog. Kedua email saya sudah sign in di hape jadi akan langsung muncul notifikasi saat ada pesan masuk. Saya akan jawab secepat yang saya bisa. Plus menjawab tiap pertanyaan semampu saya. Dari 7 email yang masuk ke inbok, semuanya sudah saya balas satu-persatu. Tapi mohon maaf, untuk permintaan nomor hape, ID Line atau PIN BBM tidak bisa saya penuhi. Agak privasi menurut saya. Via email sudah mencukupi, saya kira.

Karena MDP bisa dibilang merupakan sebuah kompetisi dan mengingat animo publik yang begitu besar untuk bekerja di TV, saya bisa maklum kalau banyak yang ingin bertanya langsung dan bukannya meninggalkan pesan di blog. Kasarnya, tidak ada yang mau berbagi "bocoran soal" ke siapapun di tengah persaingan yang demikian ketat. Karena jika seseorang meninggalkan pesan di blog, saya pun akan membalas di kolom yang sama sehingga siapapun yang membuka postingan saya tersebut bisa membaca isi jawaban saya. Dan "bocoran soal" pun akan tersebar lebih luas dan menjadikan persaingan lebih ketat lagi.

Tapi, tanpa bermaksud membuat siapapun merasa dikecewakan, kali ini saya hendak berbagi lebih jauh tentang MDP yang masih saya ingat. Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang dapat mengambil manfaat dari tulisan saya. 

Psikotes di MDP NET TV kurang lebih sama dengan psikotes yang distandarkan perusahaan-perusahaan lain-media ataupun bukan-dalam merekrut tenaga kerja baru. Kalau kamu pernah melamar kerja di sebuah perusahaan dan mengikuti tes, then you should know what I mean. Output yang dicari menurut saya lebih ke logika berpikir. Jadi jangan khawatir, tidak ada yang berbau "terlalu Einsten" dalam tesnya :)

Yang membedakan mungkin di tes pengetahuan umum. Karena NET TV adalah perusahaan media maka soal-soal yang keluar mencakup peristiwa-peristiwa yang sedang hangat diulas media dan menjadi perbincangan publik. Plus, beberapa soal tentang program-program NET TV berikut cast-nya. Kamu pastinya diuji seberapa jauh kamu memahami bisnis perusahaan yang kamu lamar. Sayangnya, tahun 2014 lalu, saya kepeleset dalam tes ini karena kendala yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya.

Soal pengetahuan umum adalah yang paling banyak ditanyakan orang-orang yang mengirim email langsung kepada saya. Mudah-mudahan lewat tulisan saya kali ini makin banyak yang tahu dan lebih prefer untuk ikut MDP 4 besok. Kamu boleh mulai menyetel kanal NET TV mulai dari sekarang. Masih ada waktu. Belum terlambat kok :)

Sedikit catatan, bahwa apapun yang saya bagi 2 tahun lalu dan sekarang adalah pengalaman saya ikut MDP sebelumnya. Jadi tidak ada jaminan bahwa MDP kali ini berlangsung dengan cara yang sama. Tidak ada jaminan bahwa NET TV tidak merubah segala prosedur mereka. Sharing para blogger hanya mampu memberikan kamu sedikit gambaran, bukan sebuah patokan pasti.

Akhir kata, selamat berjuang untuk semua peserta besok! Ingat, bekerja di TV adalah sebuah kebanggaan, namun di lain pihak juga menuntut komitmen dan pengorbanan yang tinggi. Semangat semua!



nb: ada yang bertanya, apakah saya berminat untuk ikut lagi di MDP sekarang? Jawaban tidak, saya punya rencana lain untuk masa depan saya.