Rabu, 03 Januari 2018

Jalan - jalan ke Kota Purwakarta Istimewa





Makin lama tuntutan destinasi liburan semakin jauh dan semakin mahal. Bisa ya, bisa juga tidak. Melihat tanggal merah berendeng empat dari tanggal 23 sampai tanggal 26, gue langsung terinspirasi buat jalan-jalan. Ganti suasana. Tapi enaknya kemana ya? Pinginnya melipir menjauh dari rutinitas. Yang deket biar bujet nggak tinggi. Plus ke tempat yang sekiranya tetep bakal asyik di tengah musim hujan. Ke mana dong? Setelah ngontak seorang teman dan ngobrol-ngobrol, jadilah kita berdua menetapkan tujuan. Kita mau ke Purwakarta.



Kereta Lokal Rp 6.000,-

Akhirnya kita batal berangkat pas Natal. Gantinya kita berangkat tanggal 30 Desember 2017. Kereta jarak jauh yang bisa dibeli online udah full booked. Jadilah kita naik kereta lokal yang malahan berpihak banget buat kantong. Sekali jalan cuma Rp 6.000,- saja, pemirsa! Diinget-inget dulu gue pernah browsing kereta ini, yang sering dimanfaatkan traveler yang mau jalan-jalan murah ke Bandung. Alurnya ke Purwakarta dulu, baru nyambung ke Bandung.



Cuma Enam Ribu!


H-1 gue coba telpon call center KAI. Dari sini gue dapet info kalau tiket bisa dibeli di loket sejak H-7, dan sementara itu tiket duduk sudah habis, sisa tiket berdiri. Temen gue yang duluan nyampe di Stasiun Tanjung Priuk berhasil dapet tiket Walahar Ekspres. Dia ngantri di loket kurang lebih dua jam sebelum keberangkatan. Karena keasyikan ngobrol, kita nggak sadar kalau kereta kita udah siap. Untungnya ada petugas yang ngasih tau. And you know what, biarpun keretanya model kereta ke Jawa dengan nomor-nomor kursi, ternyata itu semua nggak berlaku. Kita bisa duduk kalau emang dapet kursi. Dugaan gue info dari call center KAI kurang akurat; sebetulnya emang nggak ada tiket duduk. Semua tiket bertanda TANPA TEMPAT DUDUK, yang bisa diartikan ‘kursi tersedia buat yang cepat ngetem’.

Plus apa bener tiket bisa dibeli semenjak H-7? Pas nyampe di Purwakarta gue udah rencana buat beli tiket ke Jakarta tanggal 1 Januari 2018, tapi kata petugasnya beli pas hari H, loket dibuka jam 13.00 untuk keberangkatan jam 13.40.

Apapun, kita duduk dari stasiun Tanjung Priuk sampe Stasiun Purwakarta dengan cukup nyaman. Sayangnya kereta delay, nyampe tujuan satu jam lebih lama dari jadwal.




Angkot dan Rental Motor

Sebelum berangkat kita udah sepakat bakal naik angkot buat kemana-mana. Temen gue sangsi bawa motor di kota orang. Yowes, sebagai orang yang nggak bisa bawa motor, gue sih setuju aja. Bayangan gue, Purwakarta itu lalu lintasnya nggak ruwet dan macet. Masih lengang lah.

Jadilah kita ngangkot dari Stasiun Purwakarta setelah nanya-nanya sebelumnya ke Kang Parkir stasiun. Tujuan kita ke Ciwareng, tempat penginapan kita berada. Dan satu kali naik angkot, temen gue langsung kapok. Bukan kenapa-kenapa. Sopirnya malah baik banget nganterin kita sampe ke depan gerbang Grand Ciwareng Inn, walau trayeknya kayaknya sih cuma sampe prapatan depan jalan. Tapi justru itu! Katanya orang Purwakarta itu ramah-ramah dan baik-baik banget, makanya kalau mau kemana-mana jangan sungkan nanya ke penduduk lokal. Nah, kebetulan kita dapet sopir angkot yang baik dan berdedikasi banget. Kayaknya setiap penumpangnya dianter satu per satu sampe tujuan. Terbukti kita kayak diajak muter-muter demi nganter setiap penumpang. Dan kita jadi salah satunya, kan, dianter sampe penginapan. Udah begitu sopirnya cuma minta ongkos Rp 15.000,- buat 2 orang. Padahal lumayan banget kalau kita harus jalan kaki dari perempatan ke penginapan.

Nah, pengalaman ini jadi titik balik. Temen gue langsung berubah pikiran. Kita mau nyewa motor aja. Setelah browsing soal rental motor, dapetlah kita motor Mio S baru. Nama rentalnya Eli Rental Motor. Syaratnya cuma kirim foto KTP (ditahan selama kita sewa). Biayanya Rp 80.000,- per hari. Ditambah ongkos kurir sebesar Rp 40.000,- karena kita minta motornya dianter sampe ke penginapan. Anjiir banget kan mudahnya urusan sewa-menyewa ini? Mantap! Setengah jam setelah deal, motor udah nyampe di penginapan kita. Luar biasa!



Grand Ciwareng Inn

Tujuan pertama kita setelah nyampe di Purwakarta tentunya check in hotel. Pas di perjalanan angkot agak ragu juga, bener nih jalannya udah bener? Masalahnya kok kawasannya di tengah-tengah pemukiman banget?






Gue book kamar di hotel ini by Traveloka seharga Rp 250.000,- / malam. Gue book untuk 1 malam karena buat tanggal 31 udah full booked. Tapi pas nanya-nanya lagi ternyata ada kamar buat tanggal 31. Karena nggak mau repot nyari penginapan lain, tentunya gue langsung ngetem ngambil kamar yang kosong. Entah karena alasan apa, gue menemukan pegawai hotelnya agak awkward. Gue duga sih mereka canggung karena mereka pure melakukan semuanya sesuai prosedur. Atau karena masih baru, kah?

Pas hari ke dua gue minta handuk baru dan pegawainya dengan canggungnya ngikutin gue sampe ke kamar. Dan dia nungguin gue bukain pintu supaya bisa naro handuknya di atas kasur. Trus pas sarapan pagi pertama, pegawainya numpahin santan buat pelengkap makan bubur kacang ijo-kacang item. Wkwkwk, nggak ngerti deh kenapa bisa awkward kayak gitu. Pas mau extend hari menginap, petugasnya ganti ke bapak-bapak tua yang bikin urusan kita jadi cukup berbelit. Apapun, gue menilai itu bagian dari identitas warga Purwakarta yang sedikit lugu—dalam artian lurus dan jujur.

Penginapan sendiri sangat nyaman. Kamar standar, tapi keseluruhan area hotelnya yang oke banget. Cocok banget buat nginep keluarga. Parkir luas, banyak pohon. Sejuk banget di sana. Penginapannya tipe-tipe resort/cottage gitu lah. Dan yang paling oke adalah kolam renangnya. Yeaaayyy!!! Pas mau booking, gue udah excited mau manfaatin kolamnya. And you know what, air kolamnya nggak bau kaporit! Mantap banget pokoknya! Pas nyampe hotel gue langsung nyebur sampe menjelang maghrib. After all, gue puas banget nginep di sini. Suasana teduh dan sejuknya bikin harga kamar per malamnya jadi worthy banget. Bolehlah jadi rekomendasi buat siapa aja yang mau main ke Purwakarta. Lokasinya pun relatif dekat dari pusat kota dan Waduk Jatiluhur.



Taman Air Mancur Sri Baduga

Destinasi pertama kita adalah nonton air mancur menari di pusat kota. Jadwal acara setiap malam Minggu jam 19.30 dan 20.30. Sayangnya, meski kita nyampe jam 19.00, kita udah nggak kebagian nonton yang jam 19.30. Pengunjung udah membludak banget. Setelah makan sate maranggih KW (hehehe) deket pintu masuk, kita ikutan ngantri bareng pengunjung yang juga nggak mau mundur sedikit pun.



Dulunya habitat badak, sekarang jadi ikonnya


Sayangnya, menurut gue air mancurnya nggak sespektakuler yang dibayangkan. Bener kata temen gue, harusnya musik latarnya semacem orkestra. Jadi, sesuai dengan gerakan air mancurnya. Bukan underestimate sama musik yang sudah ada, tapi, serius deh, nggak dapet feel-nya! Air mancurnya udah bagus, lampunya keren, tapi lagu-lagunya nggak sinkron. Buat Kang Dedi atau siapapun nanti yang bakal jadi Bupati Purwakarta berikutnya mudah-mudahan bisa memperbaharui pertunjukan air mancur yang konon terbesar di Asia Tenggara ini. Sayang banget soalnya. Pertunjukan secanggih itu nggak meninggalkan kesan.







Gunung Lembu

Hari ke dua tanggal 31 Desember, kita udah netapin mau ke Gunung Lembu. Berbekal Google Maps dan GPS (Gunakan Penduduk Setempat), kita cuss dari hotel sekitar jam 8 pagi. Dari Jalan Raya Sukatani, belok kanan, masuk ke area perumahan warga. Jalan meliuk-liuk kayak di Puncak. Kadang di kanan-kirinya ada pemukiman warga, tapi ada juga jalur yang sekelilingnya cuma hutan bambu. Hati-hati karena banyak tikungan tajam.








Sekitar jam setengah 10 pagi kita akhirnya mulai mendaki. Sebelumnya kita lapor ke pos dan dikenai biaya Rp 10.000,- / orang. Dan… parah, parah! Jalur pendakian diagonal 45 derajat! Baru beberapa langkah udah ngos-ngosan, udah keleyengan!

Kayak apa sih wujud Gunung Lembu? Jujur aja gue juga nggak tau. Tiap search dengan keyword ‘Gunung Lembu’, yang ketemu pasti lempengan batu datar buat dapet view ke waduk. Entahlah, tapi kayaknya kontur gunung-gunung di Purwakarta emang diagonal banget walau nggak tinggi-tinggi amat. Dulu temen gue pernah cerita pas dia naik ke gunung di Purwakarta juga, kalau nggak salah ke Gunung Bongkok, itu juga katanya miringnya gila-gilaan.



View dari Pos 1


Di pos satu ada warung. Gue langsung tepar dan berinisiatif ngisi perut. Sumpah, kepala keleyengan banget! Gue pesen mie goreng. Setelahnya kita lanjut lagi. Tertatih-tatih. Berhenti setiap beberapa langkah. Tepar di pos dua. Kata yang jaga pos, pendakian makan waktu satu setengah jam selambat-lambatnya. Apalah gue yang diselingin makan mie goreng dan ngaso sepanjang jalan; nyampe ke lempengan batu yang terkenal itu hampir jam 12 siang! Hehehe.






Ini mungkin gunung pertama yang gue daki. Pas menjelang pergantian tahun pula. Makanya pas banget banyak juga yang mau malam tahun baruan dengan camping di gunung. Sesuatu yang makin hip belakangan ini. Dan di Gunung Lembu relatif bersih, kecuali di belakang warung di pos satu. Gue ngeliat cukup numpuk sampah plastik dan cup popmie.



Pos Parkir di Gunung Lembu


Karena relatif pendek, Gunung Lembu bisa ditaklukan sama pemula sekalipun. Gue ngeliat ada beberapa santri bersarung yang mendaki juga. Ada anak kecil, ibu-ibu, ABG bersepatu kets, running shoes, dan cewek bersepatu ceper alias flat shoes! Tapi soal sepatu itu bikin gue rada galau. Maksud gue, kalau mereka nggak aware sama alas kaki yang cocok buat mendaki gunung, gue juga ragu apakah mereka aware sama penjagaan lingkungan gunung. Alas kaki mereka kayak bertujuan supaya keliatan keren di foto aja, alih-alih disesuaikan sama medan. Trus pas ada monyet yang muncul, dua orang cowok ngasih makan kerupuk! Duh, jadi kebiasaan deh monyetnya dikasih makan terus. Makanan bermicin pula!



 



Jujur gue bergidik melihat stok makanan yang dibawa ABG-ABG yang niat nge-camp itu; popmi seplastik gede, keripik singkong seplastik gede. Mudah-mudahan mereka punya kesadaran buat bawa sampah masing-masing ke bawah. Alay pemburu like memang nyata adanya!

Satu hal lagi, gue nggak tau gimana prosedur lapor di gunung. Tapi setelah turun, gue nggak berkewajiban lapor. Maksud gue, bukankah harusnya dicek terus para pendaki yang naik? Misalkan mereka tujuannya sekadar hiking tapi setelah malem nggak lapor udah turun, bukannya harus dicari? Itu kan tujuannya mendata pendaki?





Waduk Jatiluhur

Beres hiking di Gunung Lembu, kita lanjut ke Waduk Jatiluhur yang terkenal banget itu. Cuaca mendung dan saat itu udah sore. Dari pertigaan yang ada tulisan Waduk Jatiluhur-nya sih katanya jaraknya cuma 5,5 KM kurang lebih. Tapi ah, banyak lebihnya deh.





Pas lewat di jalanannya kita dikenai biaya Rp 25.000,- / orang dan Rp 10.000,- buat motor. Biaya bertambah pas kita masuk ke bagian Istoranya. Ini spot buat foto-foto. Ada spot ujung kapal yang mau bergaya ala-ala Jack dan Rose. Hehehe. Ada kafe dan resort juga. Recommended buat yang pingin ngeliat waduk dari sisi yang luas dan indah. Ada panggung deket lokasi Istora buat memeriahkan malam tahun baru, tapi melihat liukan jalannya, kita urung stay lebih lama. Gue juga nggak yakin temen gue pede bawa motor kalau hari mulai gelap. 



Sudah Sore


Malam Pergantian Tahun

Pas maghrib kita nyampe penginapan lagi. Alhamdulillah. Pengalaman yang luar biasa di gunung dan menaklukan jalur yang berkelok-kelok dengan motor sewaan. Karena kecapekan, jadwal ke tengah kota buat lihat event tahun baruan, molor terus. Bahkan kita mulai berpikir buat nggak kemana-mana lagi. Hanya karena laparlah akhirnya kita keluar penginapan lagi. Tapi kali ini niatnya cari makan doang. Soalnya khawatir terjebak macet pas pulangnya. Tapi gue kebagian juga nonton pesta kembang api. Beberapa tamu lain berinisiatif masang kembang api sendiri. Cukup sah lah ya, malam tahun baruannya. Hahaha.



Waduk Jatiluhur lagi!

Gue sempet nyeletuk ke temen gue, “eh, kalau kita ke Waduk lagi lewat jalan motong yang langsung ke penginapan, kita nggak perlu bayar Rp 60.000,- lagi ya…” Dan akhirnya besoknya temen gue ngajakin ke Waduk Jatiluhur lagi. Dia kepingin ke spot lain yang dia liat di Instagram. Plus, bagus kali ya pemandangan waduk kalau langit lagi cerah?






Kita sempet ke area yang banyak orang piknik di pinggir waduk. Tapi nggak lama setelah itu temen gue ngajakin cabut, balik ke Istora. Memang lebih nyaman sih di Istora, walau emang mesti bayar tiket masuk.

Setelah nyoba-nyoba semacem alat nge-gym yang tersedia di situ dan foto-foto di beberapa spot, kita akhirnya cuss lagi. Perjanjian balikin motor jam setengah 1 di Stasiun Purwakarta.



Sate Maranggih Cibungur

Lagi-lagi berbekal Google Map, kita cuss ke lokasi kuliner yang diburu orang-orang tiap ke Purwakarta. Yap, apalagi kalau bukan Sate Maranggih Cibungur. Gue udah pernah satu kali ke sini, tapi ingetan gue udah samar-samar, baik soal lokasi, maupun rasa makanan. Tapi yang gue inget dulu itu banyak pelayan yang mondar-mandir nawarin gorengan, es kelapa, dll.

Kita nyampe jam setengah 12, udah mepet banget. Bentar lagi jadwal balikin motor. Plus kita masih harus ngantri tiket kereta pulang. Sayangnya, kali ini keadaan cukup berbeda dari keadaan gue dulu. Bangunan rumah makannya berubah—lebih teduh, sebetulnya. Tapi ngeselinnya, pelayannya dikit banget. Entah baru ngerubah sistem apa gimana. Jelas-jelas jumlah pelayan nggak sebanding sama jumlah meja. Tiap manggil pelayan, jawabannya pasti nanti dulu. Chaos abis!

Kita udah niat cabut kalau dalam sepuluh menit nggak dilayanin juga. Akhirnya salah seorang pelayan yang gue panggil berulang-ulang, datengin meja kita dan bilang bisa servis sendiri karena kekurangan pelayan. Haduh! Ya udah, tanpa banyak cincong, gue datengin tempat bakar sate. Gue minta sepuluh tusuk. Untuk nasi gue ambil di bagian prasmanan. Buat minuman, temen gue ngambil air mineral.

Kita makan cukup terburu-buru. Hmm, yah, jelas yang ini original. Daging semua, nggak kayak yang KW kemarin, yang lebih banyak gajih dan lemaknya. Harganya pun dua kali lipat. Sepuluh tusuk dibanderol Rp 40.000,-.

Pas kita pulang, makin banyak mobil yang parkir. Pingin rasanya bilang, “Pulang aja, Bu, Pak.” Hehehe. Masalahnya yang udah nempatin meja pun masih banyak yang celingak-celinguk bingung nggak dilayanin. Nggak tau ini sistemnya berubah atau ada kendala lain. Mudah-mudahan sih cepet diberesin. Sayang aja orang-orang yang emang niat wisata kulineran ke situ. Dengan keadaan begitu cenderung bikin ilfil.



Come Back Home

Jam setengah 1 kita berhasil nyampe stasiun. Di perjalanan gue ngeliat banyak hiasan lampion bergambar seorang pemanah. Oh, ya, di Purwakarta emang lumayan banyak patung. Ada juga batang-batang pohon yang dililitin sarung kotak-kotak. Gue belom tau sih gimana sejarah kota ini sampe kelihatannya ada pengaruh agama Hindu di sini.






Nah, jadi gimana nih soal sistem penjualan tiket lokal Purwakarta-Jakarta? Temen gue yang langsung ngantri kehabisan tiket keberangkatan 13.40. Akhirnya gue ngantri yang buat keberangkatan berikutnya. Bahkan sebelum kereta 13.40 berangkat, orang-orang udah ngantri buat yang kereta selanjutnya. Kurang lebih satu jam gue ngantri. Alhamdulillah dapet juga. Entah penumpang lain. Saat itu emang membludak banget penumpang tujuan Jakarta.

Ada pengalaman lucu pas lagi nunggu datangnya kereta. Gue sempet takjub sama cara kereta ini putar balik. Ternyata lokomotifnya yang putar balik sendirian. Hehehe. Gue baru tau. Dan setelah kereta beres nyambungin lokomotif sementara penumpang udah pada turun dari kereta, langsunglah para ‘sparta’ menyerbu. Kocak banget. Setelah perjuangan ngantri tiket yang sempet bikin ribut, lagi-lagi kita mesti berjibaku buat dapet tempat duduk. Calon penumpang yang nunggu di peron udah nggak bisa diatur. Larangan petugas buat nggak melangkahi rantai pembatas cuma dianggap sepi. Gue termasuk salah satunya. Cuek aja deh ngelangkahin rantai pembatas trus lari-lari di rel. Serbu!!! Sayangnya, tanpa sadar kita nempatin kursi prioritas. Akhirnya gue berinisiatif buat menjelajah ke gerbong lain, nyari-nyari kursi lain. Untungnya dapet walau gue sama temen gue misah kursinya. Dan di dalem kereta panas luar biasa. Plus ngaret pula!



View yang Jadi Highlight Traveling Kali Ini



Purwakarta istimewa. Istimewa kocaknya. Dapet pengalaman baru. Gue cukup hepi dengan perjalanan kali ini. Gue suka hotelnya, udaranya, pemandangannya, dengung serangga di dalam gunungnya, nggak terlalu macetnya. Dan ya, gue terhibur sama lugu dan ramahnya orang-orangnya! Selamat tahun baru!!!       









Tidak ada komentar:

Posting Komentar