Senin, 18 Desember 2017

Whoz That Girls? They are E.X.I.D....



 


EXID adalah girl group yang debut tahun 2012. Setelah lagu pertama, Whoz That Girl, grup ini mengalami pergantian member. Tiga dari enam member memutuskan hengkang, yang kemudian digantikan dua member baru hingga sekarang EXID bertahan dengan 5 member.



Miracle 

Siapapun penggemar Kpop pasti tau lagu Up & Down dari girl group EXID. Tiap ada tantangan nge-dance dengan lagu grup lain di variety show, lagu ini hampir pasti muncul. Up & Down pastinya adalah salah satu lagu Kpop dengan gerakan dance paling iconic. Lagu ini juga menandai sebuah keajaiban di dunia Kpop. Dirilis Agustus 2014 dan sempat mengalami masa pemotongan promosi di TV akibat prioritas acara lain, lagu Up & Down kembali bergaung dan akhirnya memuncaki tangga lagu dan membawa pulang piala pada awal tahun 2015 berkat sebuah fancam yang sangat viral.



Up & Down


Hal pertama yang menarik perhatian gue dari EXID adalah bagian kontras pada intro lagu Up & Down. Dimulai dengan bagian rap yang kuat, lalu dilanjutkan part centil member Hani. Selanjutnya gue mendengarkan lagu-lagu mereka yang lain setelah era Up & Down, seperti Ah Yeah, Hot Pink, Lie, Night Rather Than Day, dan yang terakhir DDD. Sejauh ini favorit gue adalah Ah Yeah dan DDD.



Sexy and strong image

Sejak debut, EXID sudah menasbihkan diri dengan citra seksi dan kuat. Lirik lagu-lagu mereka nakal dan rata-rata bermuatan seksual. Sepanjang MV (terutama lagu LIE) bertebaran simbol yang menjurus. Ada yang menduga logo resmi mereka pun merepresentasikan bokong manusia. Well, koreo mereka memang hampir selalu menitikberatkan gerakan tubuh dari pinggang ke bawah (They are not EXID if not shaking their booty... they said).  Tapi, menurut gue, imej seksi EXID masih bisa diterima. Penampilan mereka masih aman ditonton. Gue belom pernah ngeliat mereka merayap-rayap sambil nungging di atas panggung. Outfit mereka juga masih okelah, terutama 2 comeback terakhir. Seksi yang mereka usung memang cenderung ke ala-ala badass sih ya, bukan yang sensual atau vulgar.



Logo


Faktanya, semakin berani sebuah girl group mengumbar keseksian, maka semakin unwatchable mereka. Apalagi kalau ternyata lagu-lagu mereka nggak sebanding dengan penampilan. Gue inget lewat di depan sebuah kafe makanan Korea dan kebetulan ngedenger lagu Night Rather Than Day jadi backsound. Saat itu gue langsung mikir, wah, lagu mereka emang catchy banget.



Hot Pink



Songs

Industri musik pop itu dinamis. Lagu mana yang menjadi hits datang silih berganti. Tapi konon ada satu formula menggubah lagu yang sekiranya bakal cepet nempel di telinga manusia. Terkait EXID, beberapa lagu mereka jelas nempel cepet banget di telinga. Minimal bagian chorus yang biasanya jadi judul lagu. Kadang bagian chorus berbeda sama sekali sama bagian lagu selebihnya.

Ah yeah... ah yeah... ah yeah....
Wiarae... wiarae... wiarae...
Pink hot... pink hot...
A lie... a lie... eh, eh...
Deol deol deol.... 

Kalau kita simak emang lagu-lagu EXID punya pola yang hampir berulang. Dimulai chorus repetitif, rap LE yang kuat, bagian menggoda dari Hani, disahut nyanyian imut-imut Jeonghwa, bagian pengantar klimaks yang sangat ngepop dari Hyelin, lalu klimaks yang powerfull dari Solji. Yang pro bakal bilang itulah hebatnya LE (yang menulis lirik sebagian besar lagu EXID) bisa mengomposisikan lagu hingga semua member kebagian part yang sesuai dengan karakter vokal masing-masing. Yang kontra bakal bilang cuma sejauh itulah skill EXID dan produser mereka.
 





Vibe

Setiap idol bakal ngasih apapun yang penggemar suka, misalkan kedekatan antar member yang memang lebih atraktif di mata penggemar. Kebenaran apakah masing-masing member sungguhan dekat atau cuma on screen, kita sebagai penonton nggak akan pernah benar-benar tau. Memang bukan jaminan, tapi tiap kali ada forum yang ngebahas grup Kpop mana yang betul-betul akrab satu sama lain, nama EXID selalu muncul.



Fams


Debut sejak tahun 2012, sempet nggak dapet job selama lebih dari 2 tahun, baru terkenal setelah sekian lama... kita bisa bilang mereka berlima udah ngelewatin pahit-manis dunia musik bersama-sama. Pas awal-awal menyimak EXID, gue berpikir, karena grup ini nggak dipeduliin sekian lama, apapun yang tiap membernya lakukan di luar grup, selain untuk mengembangkan potensi pribadi, juga untuk mengatrol popularitas grup EXID itu sendiri. Misal Solji yang ikut acara Mask King sampe akhirnya menang, atau Hani yang jadi host di berbagai variety show. Semuanya dilakukan supaya grup mereka bisa lebih banyak dikenali.

Tiap grup memiliki vibe tersendiri. Dan EXID menguarkan vibe kekeluargaan. Kalau bukan kayak orang tua (Solji, LE) dengan tiga anak caur (Hani, Hyelin, Jeonghwa), ya mereka kayak lima saudara aja. Entahlah ini bagian dari brand mereka atau bukan, tapi kalau ngeliat interaksi mereka di Showtime atau video-video behind the scene, mereka keliatan nggak canggung ngerangkul atau nge-bully satu sama lain. Dari kacamata gue sih mereka keliatan natural akrabnya. Itu juga satu hal yang bikin EXID nyaman untuk diikuti. Interaksi mereka, fan service mereka, not going too far. Alih-alih dijodohin dalam ikatan romantik, ship paling terkenal di EXID bahkan bernama Ahn Sister!



By @swearmouth96


By @swearmouth96




Off stage

Konsep panggung boleh seksi, tapi gimana di belakang panggung? Beda banget. Mereka biasa aja di belakang panggung. Mereka nggak over hype supaya jadi lucu. Ngalir aja lucunya dari interaksi masing-masing. Mungkin itu juga salah satu sebabnya tiap comeback, mereka rutin jadi bintang tamu di Weekly Idol. Tau sendiri kan faktor apa yang bikin suatu grup sering nongol di variety show? Jelas karena disukai penonton dan fun to watch.

Satu hal lagi, gue suka outfit mereka tiap ke Weekly Idol. Biasa aja dan nggak buka-bukaan. Nggak bisa jadi acuan gimana mereka sebenernya sih, tapi suka aja ngeliatnya.


at Weekly Idol



Berikut adalah beberapa acara dan video Youtube terkait EXID yang recomended untuk disimak:
1. Showtime EXID
2. Semua episode Weekly Idol yang menampilkan EXID
3. Video resmi dari agensi mereka, karena rata-rata sudah disertai English subtittle
4. EXID Funny Clip #88
5. Ten special reasons/moments why you should stan EXID's Hyelin
6. LE's Difficult Job as EXID's Dad
7. EXID funny dance
8. A 15 Minutes Story of EXID
9. EXID - Visiting the army for the performance   

 

Bashing

Sebetulnya aneh juga kenapa gue bisa interest sama EXID. Mereka bagian dari grup generik Kpop... yang sempet rada gue nyinyirin di postingan sebelumnya. Hehehe. Sebagai grup mereka masih menghadapi isu general seperti apakah kesemuanya bisa bernyanyi atau sekadar nampang tampang aja? Mereka juga mengeksekusi tiap penampilan di atas panggung persis sama seperti sebelum-sebelumnya. Dan mereka bahkan punya member bersuara kekanakan yang anoying banget buat gue. Plus ada dua member yang hampir selalu memakai mic ala operator! Lipsync kah?



All about body?


Sebagai grup yang mengusung imej seksi, jelas EXID merupakan target yang cocok buat di-bully. Cercaan paling utama: lebih menjual tubuh, alih-alih suara. Sejak Solji hiatus per akhir tahun 2016 karena penyakit hypertyroid, riwayat EXID dibilang bakal tamat. Dari dulu EXID memang dianggap dipikul Solji dan LE doang.

*sigh*

Nggak bisa joget, nggak bisa nyanyi, cuma modal cantik doang (Jeonghwa). Visual hole, nggak excited, jelek (Hyelin). Ngejiplak imej idol lain, serakah, ngambil part paling banyak di setiap lagu (LE). So fake in variety show, nggak bisa nyanyi, slutry (Hani). Udah ketuaan buat jadi idol, nggak tau malu ngebiarin member yang lain kerja, seharusnya tau diri dengan keluar dari grup (Solji).

*sigh* 

*sigh*

Keyboard warrior emang bisa sangat sadis!!!



Member

Lagu-lagu EXID jelas catchy. Tapi gue nggak bisa bilang gue into it banget sama musik mereka, atau jatuh hati sama suara membernya. Benar, gue suka lagunya, tapi kemampuan bernyanyi mereka bukan dalam level yang dahsyat. But they did their part properly, at least. Mereka selayaknya grup Kpop kebanyakan yang dibungkus satu paket bersama personality dan kemampuan menghibur. Itulah sebabnya kenapa sekali ini gue betah nontonin reality show Kpop, Showtime, sampe habis. Sekarang gue bahkan nungguin banget episode terbaru Weekly Idol mereka yang bakal tayang minggu depan. Yeaayy!

So, ini dia para cewek EXID....



Heo Sol Ji

Solji adalah member tertua, leader sekaligus main vocalist di EXID. Dulunya ia merupakan member duo ballad 2NB. Sejak akhir tahun 2016 Solji hiatus dari dunia hiburan karena mengidap penyakit hyperthyroid. Meskipun formasi OT4 tanpa Solji baik-baik aja, tapi nggak dipungkiri lagu DDD terdengar lebih baik dengan suara powerfull Solji di dalamnya.




Ahn Hyo Jin (LE)

Rapper utama di EXID. Awal karir bergabung dengan kelompok rapper underground. Jelas salah satu rapper grup Kpop yang betul-betul bisa nge-rap. Banyak lagu EXID yang merupakan karya LE. Biarpun tampak fierce di atas panggung, katanya aslinya LE paling feminin di antara member lain. Plus LE keliatan excited tiap ditantang nge-dance berkonsep cute.




Ahn Hee Yeon (Hani)

Lead vocalist dan merupakan member paling populer di EXID. Berkat fancam yang fokus pada dirinyalah akhirnya keberadaan Exid bisa dikenali publik. Langganan variety show karena karakternya yang nggak jaim dan lucu. Terkenal brilian karena memiliki IQ 145 dan menguasai beberapa bahasa asing. Konon merupakan salah satu idol cewek yang fotonya udah cantik tanpa perlu diedit.




Seo Hye Lin

Lead vocalist pertama, namun sejak Solji hiatus, mendapat kesempatan sebagai vokalis utama. Tipe weirdo, hillarious, walking meme. Konon Hyelin merupakan underrated member. Bisa dilihat gimana host acara Guerrilla Date cuma notice ke perubahan penampilan Hani, padahal penampilan Hyelin  juga berubah drastis. Suaranya ringan dan ngepop abis. Nama panggilan: Lord Voldemort.




Park Jeong Hwa

Maknae grup Exid. Suaranya cenderung childish, tapi surprise, kemampuannya memproduksi suara meningkat tiap comeback. Vitaminnya EXID karena selalu ceria, percaya diri dan excited. Bersama Hyelin, Jeong Hwa adalah member yang paling menonjol di olah raga. Kemungkinan bakal menggeluti bidang akting kalau udah nggak eksis bersama EXID.


So, guys, No Exit, GO EXID!


Bonus...


By @swearmouth96







Tidak ada komentar:

Posting Komentar