Selasa, 27 Februari 2018

Mesmerized By Day6




Day6 adalah grup band pertama bentukan JYP yang debut di tahun 2015 dengan lagu andalan Congratulations di mini album The Day. Day6 terdiri dari 6 orang yaitu Sungjin, Jae, Young K, Junhyeok, Wonpil dan Dowoon. Bulan Februari tahun 2016, Junhyeok keluar dari band karena alasan pribadi. Sampai hari ini Day6 konsisten dengan 5 member. Mereka mengusung musik pop dan rock. Mereka banyak mengambil pengaruh dari British and American Band.


Into It

Siapapun yang baru mulai-mulai kenalan sama Kpop, mesti aware yah, dunia musik macam apa yang bakal kalian jelajahi #tsaaahh. Gue pernah dibikin cinta banget sama Mamamoo setengah tahunan lalu (LOL, emang dasar gue fans paling nggak loyal!), tapi sekarang biasa aja. Sekarang gue lagi gandrung sama Day6… yang nggak tau juga sampe kapan.


How To Make New Friends

Meski diproyeksikan bukan bagian dari idol dengan segala kulturnya, tapi toh Day6 tetap juga ‘dipukul rata’ sama boygroup. Dengan kata lain, they do the idols does, seperti aegyo, joget koreografi grup lain, pake barang-barang lucu pas fan signing, ikut-ikut acara hiburan dan semua. Gue termasuk lambat menyimak lagu-lagu Day6 selain Congratulations. Nggak sabaran aja bawaannya menyimak lagu-lagu mereka yang lain. Gue justru terlebih dulu nontonin sesi interview mereka dan segala macamnya yang lucu-lucu. Salah satu yang bikin gue makin into it sama kelima cowok ini adalah video berjudul Interview with Day6 (KBS World Idol Show K-RUSH / 2017.06.23) dari kanal KBS World TV. Ngakak abis ngeliat video ini dengan segala macam editannya.  


And that is how it all started. I did not realize what I had drown myself into. – Cloris Lu (Things You Didn't Notice In Day6 "When You Love Someone" Acoustic)


Setelah itu gue mulai nonton MV I Wait, dan dari kolom komentar dapet rekomendasi buat menyimak juga kanal pribadi salah satu membernya yaitu Jae. Sama menghiburnya kanal yang satu ini! Baru kali ini gue mutusin buat nge-subscribe kanal vlog. Biasanya mah udah antipasti duluan. Hehehe.

Lalu mulailah gue ‘terseret’ sama my baby Brian Kang Day6. Dan menurut gue setimpal, layak dan pantas gue menggandrungi band satu ini. Lagu-lagu mereka bagus-bagus, dari segi melodi maupun lirik. Suara mereka bagus, powerfull dan tipe anak band abis. Mereka ikut serta dalam penulisan dan pengkomposisian lagu. Kemampuan mereka memainkan alat musik pun udah advance. Dan, tentu aja, wajah-wajah tampan membernya nggak merugikan sama sekali. Well, what do you expect? It’s still Kpop. Apalagi Day6 di bawah naungan JYP, yang selama ini dikenal concern abis sama penampilan artisnya. Dan mereka punya dana buat dandanin artisnya toh? So, you got 5 talented and good looking men.

Kadang-kadang sih gue merasa bedak mereka ketebelan. Wakakaka. Terutama Wonpil di MV I Wait. Shading Young K juga kadang berlebihan. Dan kayaknya sih mereka juga pakai eyeliner dan eyeshadow setiap mau tampil. And what the hell with those lipstick??? Earrings??? Hihihi. Tapi nggak sebanyak boygroup sih pastinya. Pakaian mereka juga nggak se-complicated dan serame idol kebanyakan. Kecentilan macam ini sih salah satu yang bikin gue sekali lagi ber-‘apasih-apasih’ sama boygroup Kpop. Bahahaha. Dan entah kenapa, makin ke sini penampilan Day6 makin rapi (baca: imut). Udah nggak terlalu nge-rock kayak era Congratulations dan I Wait, walau emang kayak lebih real ke jati diri mereka sih sebenernya. 


I Wait


Dan menyimak Day6 bikin gue teringat kenapa gue selalu suka format band. Gue selalu suka mendengar detail instrumen musik. Gue suka tabuhan drum, petikan gitar, tarikan bass dan dentingan piano. Nggak ada deh yang ngalahin indahnya musik yang dihasilkan dari instrumen asli. Itulah kenapa meski pada saat ini, misalkan gue lagi suka lagu-lagu para DJ dan solois, pada akhirnya gue bakal kembali dengerin lagu The Script, Snow Patrol, Padi, Letto, Dewa 19, Noah, Nidji, D’Massive, Matchbox 21, Coldplay, Green Day, Blink 182 dan semua band lain. Gue selalu suka musik-musik grup band. Gue merasa cocok dengan musik yang mereka tawarkan, susunan intonasi, cara bernyanyi dan semua. Apalagi kalau lirik lagunya bermakna… udah deh, ‘tenggelam’ dalam musik.

Dalam salah satu video Day6, ada satu ucapan dari Young K tentang eksperimen musik mereka. Dia lagi ngomongin lagu Dance Dance, dan bilang sewaktu bikin lagu itu, dia lagi mau bikin lagu bertema festival. Yang bisa dibawa jingkrak-jingkrak, gitu. Dari situ gue mikir; di Korea sana mungkin banyak pengulangan tema lagu dan notasi nada saking besarnya produksi mereka. Tapi dari maraknya industri musik mereka itu juga menumbuhkan inovasi-inovasi baru. Mereka berkembang, belajar dan bereksperimen dalam genre musik. Indonesia? Jangankan berpikir untuk membuat musik yang bernafaskan festival atau emo atau rock atau jazz, ada lagu baru muncul juga udah syukur. Sepi banget deh dunia musik Indonesia. Sekalinya ada band muncul, lagunya malesin dengan lirik-lirik seadanya dan miskin melodi. Dari menyimak Day6 ini gue jadi sadar, musik yang bagus itu datang bukan hanya dari artis yang memang berbakat dari lahir, tapi juga dari musisi yang terlatih dan terasah. Faktanya, Day6 jadi sebagus sekarang, baik dari segi vokal maupun kemampuan memainkan alat musik, juga dari sistem trainee di Korea sana. Ayolah, mana nih grup band Indonesia? Apa seterusnya orang-orang Indonesia mesti berpaling ke luar negeri terus demi mendengar musik bagus?


Dance Dance



Album

Sejauh ini Day6 sudah mengeluarkan dua mini album dan dua full album: The Day, Day Dream, Sunrise dan Moonrise. Itu belum termasuk lagu-lagu unofficial yang cuma mereka nyanyiin di konser, tapi nggak dirilis. Sepanjang tahun 2017, Day6 bikin proyek bernama Every Day6. Jadi mulai Januari sampai Desember 2017, mereka bakal ngeluarin satu lagu andalan lengkap dengan MV dan satu lagu pendamping, setiap bulannya di tanggal 6. Bukan itu aja, setiap bulannya mereka juga menghelat dua hari konser. Dua puluh empat lagu inilah yang kemudian dibukukan jadi album Sunrise dan Moonrise.


Hi Hello


Gue memang belum menyimak semua lagu mereka (via Youtube). Tapi semua lagu andalan yang dibikinin MV udah gue tonton semua. Dan gue suka semuanya. Dengan hiruk pikuk dunia Kpop, gue berharap salah satu komentar di MV Day6 memang benar, bahwa di Korea sana sebetulnya Kpop nggak se-amazing itu, orang-orang justru prefer ke format band, alih-alih format idol group mainstream. Mungkin Day6 masih jauh untuk dikatakan sebagai grup band terbaik se-Korea, tapi miris nggak sih liat view MV mereka ‘cuma’ segitu, sementara temen seagensi mereka seperti Got7 dan Twice bisa dapet view puluhan sampai ratusan juta? Lagu-lagu mereka kena di hati, ASTAGA!! Tapi ya sudahlah, masalah selera. Dan mungkin juga soal waktu. Malah katanya sekarang agensi-agensi di Korsel sana lagi gencar membentuk band, alih-alih idol group, dikarenakan persaingan yang makin ketat dan konsep yang terbatas.

Semua lagu Day6, apalagi yang ada MV-nya, layak disimak. Lagu mereka yang paling gue suka antara lain You Were Beautiful, I Wait, Hi Hello, I Smile dan Congratulations. Kelima lagu ini juga bagus dari visual MV-nya. Justru MV mereka yang punya storyline berkelanjutan (What Can I Do, I Loved You, When You Love Someone, dan All Alone) nggak begitu gue suka. Dari segi MV-nya, ya, rada awkward and cringe worthy gitu lah. Kalau lagunya sih suka.

Berkaitan dengan Junhyeok, setahu gue Day6 membuat final version semua lagu di album The Day. FINAL VERSION, yorobun! Nggak ada lagi suara Junhyeok. Dan itu juga bisa berarti formasi Day6 sudah final.


Promosi

Karena format Day6 adalah band dan bukan boygroup, mereka pun melakukan promosi agak berbeda dari idol kebanyakan. Mereka awalnya banyak tampil di klub, radio dan busking di jalanan. Cara terakhir ini bahkan masih sering mereka lakukan. JYP nggak mengirim Day6 untuk tampil di program musik TV pada awalnya. Tau kan, kalau acara musik di Korea sana umumnya melarang instrumen musik dimainkan secara live. Ribet soalnya; banyak kabel, setel sana-sini. Udah hal umum kalau idol yang tampil kebanyakan pakai AR (All Record) alias lipsync, atau MR (Music Record) alias nyanyi live tapi musiknya nggak. Oh, malah sebetulnya MR tetep include suara si penyanyi yah. Begitulah cara kebanyakan program musik di sana bekerja.

Busking


Nah, belakangan, Day6 juga tampil di program musik kayak Music Bank, M Countdown! dan lain-lainnya. Tapi buat gue pribadi, penampilan Day6 di acara-acara ini nggak recommended buat ditonton. Permasalahannya ya soal lipsync itu tadi. Awkward aja gitu ngeliat mereka mainin alat musik yang nggak dicolok kabel. Panggung bersih sama sekali, tanpa kabel-kabel yang harusnya menjulur ke sana kemari. Padahal mood setiap penampilan formasi band itu beda-beda, kadang enak, kadang kurang enak, tergantung setelan instrumen sekaligus user-nya, tapi di situ itu kan letak seninya? *sotoy mode on*

Tapi bolehlah sekali-sekali ditengok penampilan Day6 di acara musik TV. Lumayan bisa cengar-cengir ngeliat Wonpil nge-wink dan Young K yang melempar fingers hearts. Hahaha. 

Di luar acara program musik TV, penampilan Day6 yang lain amat layak ditonton. Mulai dari penampilan di radio, busking, sampai fancam yang berasal dari konser-konser mereka. Gue bukan penggemar penampilan cover, tapi hampir semua cover Day6 asyik buat didengerin. Bahkan lagu Ohh Ahh-nya Twice bisa lucu sekaligus keren loh dibawain sama mereka.


Rekomendasi

So, jadi ini beberapa video di Youtube terkait Day6 yang rekomended buat disimak: 
  1. Semua Official MV Day6 dari kanal jypentertainment, of course!
  2. Video dari kanal Day6. Isinya antara lain behind the scene MV dan konser, moments, pocket live, greeting dan lain-lain. Beberapa ada yang sudah dilengkapi Eng-Sub. Paling recommended adalah video behind the scene MV ‘Hi Hello’ dan Day6 Self Cam
  3. Video dari kanal JaeSix, terutama yang The Reaction of The Streets (I Wait – Day6Edition), A Jae In The Life of Day #2 (The Source Hunt), dan You Ask You Answer– Khun (2PM)
  4. Interviewwith Day6 (KBS World Idol Show K-RUSH / 2017.06.23) dari kanal KBS World TV. 
  5. Penampilan di Yu Huiyeol’s Sketchbook – Congratulations. 20170408. Asli live. Dan di video ini kita bisa melihat pergerakan kamera yang benar untuk menyorot permainan drum.
  6.  Day6Show Champion Behind 170425 (Eng – Sub) dari kanal day6 trash.
  7.  Semua video Things You Didn’t Notice in Day6 Acoustic dari kanal Cloris Liu.
  8.  ADay In Life With Day6 (+ dorm tour) dari kanal randomstuffs.
  9.  Day6Dubsmash Compilation dari kanal super kimssi.
  10.  Semua episode Day6 di program After School Club (Format acaranya rada garing sih menurut gue, tapi bolehlah).
  11. PicnicLive Season2 Ep. 113) Day6 – You Were Beautiful dari ALL THE K-POP. Musiknya terdengar bersih. Improvasi suara dan penghayatan oke banget. Pencahayaan videonya juga mendukung.
  12. Penampilan Day6 di Immortal Songs2 dari kanal KBSKpop. Ada part masing-masing member memainkan instrumen mereka secara solo. 
  13.  GOT7& DAY6_Never Ever (2017 MAMA in Hong Kong) dari kanal Mnet K-POP.
  14. Semua video busking dan radio live. Kadang full alat musik, kadang cuma pake gitar atau keyboard.
  15. Colors – Young K Focus – 151004. You will know why I recommend it.
  16. YoungK’s Best Vocals // A Compilation Part 1 dari kanal palinoia.
  17. Day6Hi Hello – 180121 (YoungK Cam) dari kanal Bandmaster.
  18. Day6Rejecting Wonpil’s Aegyo (DAilY #6) dari kanal sukanyaoppa pt.2.
  19. Wonpil& Day6 Love-Hate Relationship dari kanal My Sunshine.
  20. Day6– Separuh Aku 
  21. WeeklyIdol Ep.344 yang bakal tayang Rabu ini. Yuhuuuu!!!!
  22.  Semua Young K Cam

Members

Jadi, ini dia oppa-oppa cowok-cowok ganteng Day6.


Park Sungjin (Leader, Vocalist, Rhythm Guitarist)

Tolong skip aja kalau si leader ini lagi joget. Hahaha. Bapaknya anak-anak. Polite. Suaranya gampang dikenalin. Yang paling menawan pas video interview Day6 (KBS World Idol Show K-RUSH)? Hihihi.


Park Jaehyung / Jae (Vocalist, Lead Guitarist)

Tumbuh besar di US. Itulah kenapa dia keliatan males banget kalau ada segmen aegyo dan semacamnya. Beda kultur. Aktif nge-retweet. Followers-nya diem-diem berharap di-notice sama Jae. Sekarang jadi MC tetap After School Club.


Kang Younghyun / Young K (Vocalist, Rapper, Basist)

Just call him Brian. LOL. Pernah sekolah di Kanada. Udah lulus kuliah jurusan administrasi bisnis. Penulis lirik hampir semua lagu Day6. He’s hot and he knows it. Mr. Can Do Anything, but Can’t Love Me. *sigh*


Kim Wonpil (Vocalist, Keyboardist, Synthesizer)

Aegyo machine. Suaranya menyayat dan emo abis. Salah satu yang paling sering lupa lirik. Selain Young K di posisi 23, Wonpil juga masuk ke dalam daftar Most Copyrighted Male Kpop Idol, Update Feb 5th 2018, di posisi 29 dengan 40 lagu.


Yoon Dowoon (Drummer)

 Maknae. He’s a drum. Lagi proses ambil bagian dalam vokal lagu-lagu Day6. Wonpil’s soulmate. English Speakeu. Kayaknya kelak bakal menggeluti akting, di samping bermusik. Iya nggak sih?


Unhelpful Guide
  1.    .  Masing-masing member Day6 punya julukan lucu. Misalnya Sungjin dijuluki Bob Builder, Jae  Chicken Little, Young K Burger Kang.
  2.       Jae seneng banget mengolok-olok Wonpil di akun twitter-nya. Ngakunya benci berat sama Wonpil. Sebabnya karena Wonpil seneng ber-aegyo ria.  
  3.       Pink Sweeter adalah bahan risak legendaris Day6 (terutama Jae & Young K) buat Wonpil. Jadi kamu bisa langsung notice kalau ada akun bernama pink sweeter di twitter. Itu pasti terkait Day6. 
  4.       Dulu mereka punya akun Instagram dan twitter masing-masing. Semenjak skandal Junhyeok, semua akun itu tutup. Sekarang cuma ada akun IG grup dan akun twitter Jae. 
  5.        Day6 udah 2 kali ke Jakarta. 
  6.        Awal Februari 2018, Day6 memulai debut di Jepang dengan single If. 
  7.        MV You Were Beautiful adalah kelanjutan dari MV Congratulations.
  8.        Young K pernah jadi MC pengganti, nemenin Jae di After School Club.
  9.         Brian Kang yang paling sering gonta-ganti model rambut #sumpah #unhelpful #banget #poin #yang #ini
  10.       Brian Kang punya senyum paling cemerlang yang pernah gue liat #LOL #ini #juga #apa #banget #tapi #bodo #amat #fight #me #if #you #disaggree
  11.         Gue nge-like dan nge-drop komen spam hampir semua video Day6

1 komentar:

  1. Ka tau ga judul lagu yg di video A Jay in The Life of Day #2 (The Source Hunt) teaser?

    BalasHapus