Rabu, 12 Desember 2018

Pengalaman Nonton Day6 1st World Tour Youth di Jakarta




Hampir setahun dan gue masih cinta Day6! Woohhoooo!!! Musik intens ala anak band emang kayaknya yang paling cocok sama gue. Dan hari Sabtu tanggal 8 Desember 2018 kemarin gue berkesempatan nonton world tour mereka di The Kasablanka Main Hall. So, ini sedikit cerita dari pengalaman gue hadir di Day6 1st World Tour Youth!



Before the Show



Setelah mengikuti prosedur pembelian tiket via bank transfer, gue putuskan untuk ambil tiket sehari sebelum hari-H. Di venue pas hari H bisa sih, tapi gue ogah capek kalau banyak-banyak ngantri. Takut malah jadi capek sebelum konser. Apalagi kemungkinan besar orang-orang di luar Jakarta dan bahkan fans dari luar negeri semisal dari Singapura dan Malaysia bakal nuker tiketnya di venue. So, sebelum tengah hari gue ijin cabut sebentar dari kantor buat ke outletnya Indotix di STC. And well, sedikit nggak nyangka outletnya senyantai itu. Petugasnya pake kaos, ruangan depannya kecil, trus di latar belakang kedengeran musik pop melayu yang nggak bisa gue identifikasi siapa yang nyanyi. Urusan gue sendiri cepet. Syarat pengambilan tiket gue; print out transfer dan konfirmasi email, udah dibawa. Gue pun membeli dan menukar tiket atas nama sendiri. Ada ABG sebelah gue pake bawa surat kuasa segala. Urusan yang begini pasti jadi lebih lama.




Setelah tiket udah di tangan, gue langsung ke halte busway lagi buat balik ke kantor. And you know what, gue liat di twitter si Jae lagi kelayapan di GI! Wew, relatif deket lah sama STC. Tapi walau gue tau lebih awal, nggak yakin juga sih mau nyamperin. Gue jadi inget pernah baca artikel tentang seorang idol Kpop yang nggak leluasa kemana-mana gegara kemunculan dia di tempat manapun bakal dengan cepat menyebar via twitter. Begini juga yang terjadi. Yang ngetwit pertama kali soal nggak sengaja ketemu Jae di GI belakangan minta yang lain berhenti stalking Jae kemana-mana. Kacian deh anak ayamku! Untungnya foto terakhir yang muncul memperlihatkan Jae masih senyum-senyum.

Nah, AGATA banget kan si Jae, a.k.a Anak Gahoel Jakarta! Keliling cuma pake hoodie plus kaos kaki beralas slipper yang jadi andalan nggak di mana-mana. Jadi dateng ke Jakarta dari hari Kamis itu karena mau keliling GI, huh, Jae? Well, kedatangan mereka yang lebih cepet dari perkiraan — kirain bakal baru berangkat dari Korea hari Jumat — bikin gue deg-degan. Pas dapet update dari instagram kalau mereka udah berangkat, langsung deg-degan gitu gue. Hehehe.





The Day



Gara-gara ngambil tiket ke STC lalu buru-buru balik ke kantor, gue jadi melewatkan makan siang. Gue cuma sempet beli donat yang kemakan setengah karena peraturan no food di busway. Padahal gue tau betul kondisi badan gue, kalau gue nggak makan siang tepat waktu dan dengan menu yang proper, ujung-ujungnya gue bakal sakit kepala. Itu baru dampak minimal. Kemungkinan gue malah bisa pilek atau radang tenggorokan.

Kan anjir banget di hari H malah sakit. I won’t give up easily! Setelah sekian lama males jogging, pagi itu gue paksain lari 3 kali putaran komplek. Plus gue coba-coba lari cepat juga. Mantap buat jantung. Selain melawan gejala pilek dengan olah raga, gue pun berniat bakal makan banyak dengan menu yang nampol hari itu. Gue juga udah berencana untung tidur lagi minimal satu jam sebelum berangkat.

Hari Sabtu kemarin itu adalah kali kedua gue ke Kokas. Gue nyampe sekitar jam setengah 2 dan langsung minta diarahin sekuriti ke Main Hall. Keliatan udah banyak fans yang berkeliaran. Beberapa bapak-bapak calo juga kedengeran coba-coba nawarin tiket. Gue sendiri udah netapin bakal masuk holding area paling cepet jam setengah empat. Ogah kemping ah di Main Hall!




Selama nunggu, gue update twitter terus. Plus sok-sok nanya fans lain. Juga nanya-nanya seorang fans yang kenalan di instagram. Yang paling pingin gue tau adalah apakah di holding area ada yang jualan minuman? Soalnya pengalaman temen gue yang belom lama ini nonton BTOB di Kokas juga, dia nggak minum lagi sejak ngantri jam 2 siang! Duh, gue nggak bisa deh kayak gitu. Kecuali diniatin puasa yaa. 

By the way di twitter banyak banget yang bilang mau bagi-bagi freebies. Gila, pada baik banget! Freebies-nya pun macem-macem. Umumnya sih stiker foto Day6 atau kipas. Ada juga freebies berupa notebook kecil. Hari itu di twitter banyak banget yg retweet bantuin fans yang freebies-nya masih banyak. Wew banget! Karena gue nggak hobi ngumpulin foto-foto fisik — atau pada dasarnya benda apapun yang fungsinya cuma untuk dipajang — gue nggak ikutan minta. Tapi pas diliat-liat postingan fans, gue jadi kepingin pinnya. Lumayan buat dipenitiin di ransel gue. 



 
Akhirnya setelah menyadari apa arti Queueing Number (QN) gue pun masuk ke area tunggu sekitar jam setengah 3 sore. Di depan hall adalah holding area Pink Category, sementara yang Green Category ada di lantai atasnya. Gue menunggu waktu ashar di musholla. Dan gue inget banget pas di musholla tiba-tiba kedengeran intro lagu What Can I Do. Langsung heboh deh My Day di Pink Category. Wah, Day6 lagi check sounds. Malah kata seorang fans yang udah dateng dari jam 11, Day6 udah dari lama rehearsal-nya. 


Holding area Pink Category


Holding area Pink Category tuh kedengeran jelas banget sesi check sounds mereka. My Day yang lagi nunggu otomatis bikin paduan suara dadakan. Sayangnya di holding area Green cuma kedengeran sayup-sayup aja. Selama nunggu gue ngobrol-ngobrol sama fans yang duduk ngantri deket gue. Nama mereka Nadia dari Cijantung dan Lia dari Cilegon. Si Mbak Nadia masih bareng gue sampe masuk venue, tapi di pertengahan konser sampe selesai, gue cariin orangnya udah nggak nemu lagi. Ya sudahlah ya, kalau jodoh mungkin bisa ketemu lagi di konser Youth Part 2?


Holding area Green Section


Kayaknya gue sendiri nih yang nggak ngikutin band lain selain Day6. Gue sendiri pun termasuk fans kasual paling kasual yang nggak pernah beli album, merch original, update VLive, nge-vote awards dan semuanya. Bukti cinta gue ke Day6 adalah nontonin MV mereka di Youtube. Tiket konser pun mentok di section paling murah. Muehehhe.

Yang dateng ke sana tuh kayaknya emang fans Kpop, alih-alih nge-stan Day6 doang kayak gue. Si Mbak Nadia itu suka CN Blue, BTS, Bigbang dan banyak lagi, sementara Mbak Lia sebelumnya nonton konser iKon dan BTOB. Trus penonton lain histeris waktu company profil JYP Nation diputer. Video Twice muncul ikut nyanyi, video Got7 muncul ikut nyanyi, video Stray Kids muncul ikutan nyanyi juga. Pas konser Day6, hapal semua lagunya juga!!!

Yang menarik, penonton kemarin itu relatif mature. Kalau dilihat selayang pandang (?) rata-rata mereka itu mahasiswa. Dedek gemes SMP atau SMA jarang-jarang. Mbak Nadia juga berpendapat begitu. Apalagi kalau dibandingin waktu dia nonton BTS dan Wannaone. Pitik-pitik gitu yang nonton katanya. Hehehe.

Dan usia fans yang lebih mature inilah yang bikin prosedur masuk venue relatif tertib. Dari cerita temen gue nonton BTOB kan katanya langsung pada berebut lari masuk ke venue. Nah, yang gue liat kemarin nggak ada yang kayak gitu. Jalan biasa aja. Pas nonton juga gue nggak kedorong-dorong. Gue khawatirnya sih gue oknum yang dorong-dorong. Hahaha. Nggak lah yaa. Niat gue dateng kan mau enjoy the show. Cuma gue juga heran sih, pas awal-awal emang gue nyelip pas ngeliat ada space lumayan yang lebih ke depan. Dari yang awalnya ada sekitar 4 sampai 5 orang di depan gue, tinggal sisa 2 orang doang begitu konser dimulai dan semuanya jejingkrakan. 




Seperti yang gue dan Mbak Nadia sepakati, musik band di Korea dan di mata international fans emang segmented banget kayaknya. Bisa dilihatlah dari jumlah view youtube Day6 sama formasi dance group. Musik intens yang relatif nggak ngikut trend teroret alias music elektronik emang susah nyangkut kayaknya ke para abege. Dalam kasus konser Day6, itu menguntungkan. Penonton mature bisa diarahkan untuk lebih tertib.

Lucunya, gue jadi terinspirasi buat pake sepatu bot berhak tinggi kalau mau nonton konser. Hahaha. Padahal pas ngeliat ada yang pake sepatu begituan, gue rada bingung, apa nyaman pake sepatu begituan pas konser? Apa jangan-jangan dia penonton seating? Bisa jadi. Gue menemukan fakta ini lucu pas si Mbak Nadia nyeletuk soal orang yang berdiri paling depan itu tinggi banget. “Pake bot kali dia ya,” katanya.


Sejauh ini Green Category ke panggung


Ide bagus! Lumayan, setidaknya gue nggak perlu jinjit buat ngeliat panggung. Huhuhu. Emang sejauh itulah Green Category dari panggung.



The Concert



Setelah video company profil JYP, sedikit history soal The Kasablanka Main Hall, lalu lagu Indonesia Raya, maka munculah kelima oppa kesayangan gue (if you are handsome, you are my oppa, no matter what!). Mereka langsung nyanyi I Smile. Dalam hati gue, lah, gue kira pada anyeong-anyeong dulu, ini kok langsung nyanyi? Nggak cuma 1 lagu doang malah, tapi langsung 7! Setelah I Smile, langsung lanjut lagu First Time, Better-Better, Whatever!, Say Wow, Pouring dan Somehow.

Dan di sinilah status fans gadungan gue terkuak. Sejujurnya gue nge-blank sama empat lagu yang disebutkan terakhir. Gue merekam beberapa detik dari setiap penampilan lagu itu karena gue emang niat mau menulis postingan ini, tapi judul-judul itu gue dapet dari berita online. Hehehe. Empat lagu itu bukan favorit gue. Gue mengenali lagunya palingan kalau udah di bagian chorus. Yaa emang dasar fans kasual — lagu-lagu mereka pun ada yang nggak gue dengerin.

Setelah itu baru deh sesi kenalan. “Saya Sungjin, saya Dowoon, saya Young K, saya Wonpil, saya Jae.” Trus lanjut ke lagu-lagu lain yang Alhamdulillah kebanyakan gue tau. LOL.

I Need Somebody, I Wait dan How Can I Say. Trus pas lagu Like The Sun, keempat personil pada maju ke panggung depan. Wonpil pake keyboard yang bisa disandang. Dan muncul lah momen mereka battle. Ada juga nih momen Jaepil, yang bikin gue yakin Wonpil sebetulnya dedek kesayangan Jae. Admit it, Jae! Jae ngetuk kepala atas Wonpil gitulah. Hahaha, kiyowo! Momennya tuh kalau nggak salah pas lagu Be Lazy yang jarang gue dengerin juga.

Lalu lanjut lagu Dance-Dance, What Can I Do, dan Warning. Setelah itu ada ujian kilat dari King Wonpil, coba ngetes My Day nyanyi lagu I’m Serious. Asal tau aja, selama konser semua penonton nyanyi lagu dari awal sampe lirik terakhir. 

Lagu berikutnya adalah Talking To dan Shoot Me. Trus setelah itu lanjut sesi ngobrol sebentar sama member. FYI, Jae dan Brian pake English terus loh selama komunikasi sama penonton. Gue yang hari Kamis mention Jae di twitter supaya feel free speak English selama di Indonesia langsung menduga dia baca tweet gue walau nggak di RT. Pokoknya itu dua laki ngomong English gara-gara gue, titik! Bayy!

Nah, pas lagu Congratulations, separuh lagu dinyanyiin penonton. Day6 ngiringin doang. Well, My Day bayar tiket mahal-mahal emang supaya bisa nyanyi diiringin band profesional luar negeri. LOL. Second verse Jae juga diserobot sama My Day sampe dia ketawa-ketawa aja.

Lagu selanjutnya adalah You Were Beautiful, lagu Day6 paling favorit. Dari awal sebenernya gue udah niatin kalau giliran lagu kesukaan, gue bakal rekam utuh. Sialnya, hape gue mati-mati gajelas. Kepotong deh lagu Yeposeo gue. Setelah itu mereka nyanyi lagu I Loved You. Lagu I Like You ada adlibs nada panjang Jae yang sebelumnya gue denger dari fancam waktu konser di Chile. Effort untuk membuat setidaknya sedikit perbedaan dengan studio version inilah yang bagi gue memuaskan sebagai penonton konser.

Setelah itu ada jeda sebentar. Selama jeda, diputer video tentang Day6 jalan-jalan ke suatu tempat. Lucu! Apalagi bagian Dowoon panik ada lebah yang deketin dia. Trus Wonpil yang coba breakdance dan nggak abis-abis dikerjain sama hyung-nya.

Nah, setelah itu ada lagu Letting Go. Sejujurnya gue suka lagu ini, walau nggak suka-suka banget, dan MV-nya pun jarang gue tonton di Youtube. Trus entah kepikiran apa, pas lagu ini gue ngerekam full. Dan asli, lagu ini malah jadi salah satu penampilan favorit gue selama konser. Penyebabnya karena yang dibawakan adalah Rebooted Version, dengan rap Young K diganti line nyanyi Jae. Yah, sekali lagi, emang gue fans gadungan, gue baru tau kalau Letting Go ada Rebooted Version. Meskipun cinta Young K, tapi jujur gue suka banget line pengganti dari Jae. Cara dia memanjangkan kata di akhir kalimat itu gue suka banget!

Setelah itu ada sesi motivasi ala Day6. LOL. Selain berterimakasih dan ngasih sedikit pidato motivasi, masing-masing member juga ngomong sebaris kalimat berbahasa.


Saya cinta kalian - Wonpil

Terima kasih sudah datang hari ini – Dowoon

Jangan lupa bahagia – Brian

Harus selalu sehat ya! – Sungjin

Hari ini sangat indah - Jae


Semua member janji nih bakal dateng lagi ke Jakarta. Setelah ngambil foto bareng fans, konser lanjut dengan lagu I Wish. Lalu, seperti yang sering gue liat dari fancam konser mereka di negara lain, mereka mengakhiri konser dengan dua lagu andalan, Freely dan Sing Me. Di sesi encore ini mereka keliling panggung. Eh, sebenernya sih cuma Jae sama Young K yang blusukan ke garis pembatas section Green dan Pink, sementara 3 yang lain jejingkarakan di panggung. Jae sempet lewat di depan gue. Gara-gara hape gue suka mendadak mati, gue sempet rada jengkel karena mengira nggak dapet video pas Jae lewat. Tapi ternyata ada. Dan tau nggak sih, pas si sweg chicken itu lewat, gue jadi ngeh kalau bedak sama lipstiknya tebel banget. Wakakaka. Sesuai harapan, di dua lagu ini penonton, termasuk gue, heboh lompat-lompat.

“Everybody jump! I say everybody jump!” teriak my baby Brian Kang.

Lalu… lalu selesai sudah konser Day6 malam itu. Dimulai pukul 7 malam lebih beberapa menit, berakhir hampir setengah sepuluh malam. Total Day6 menyanyikan 26 lagu malam itu. Sementara My Day Indonesia total menyanyikan 32 lagu. Emang fans Indonesia doang sih yang bayar mahal-mahal buat nyewa band profesional buat ngiringin kami nyanyi. Hehehe. 


Bonus




*Gambar milik pribadi dan twitter @mecimapro

4 komentar:

  1. I LOVE THIS. makasi pengalamannya kak, baru semingguan tau day6 dan berencana nonton konsernya tahun ini. semoga keadaannya tertib dan ga semengerikan yang dibayangkan. dan oh dan yang paling aku suka, keadaan kita sama betul, aku juga hanyalah "fans kasual paling kasual yang nggak pernah beli album, merch original, update VLive, nge-vote awards dan semuanya. Bukti cinta gue ke Day6 adalah nontonin MV mereka di Youtube" yes dan berencana beli tiket yang paling murce juga hahahahha. btw, kakak nonton juga ga yang tahun ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Tahun ini belum pasti datang lagi ke konser Day6, apalagi kabarnya semua tiket sudah habis sejak hari pertama open ticket.

      Hapus
  2. Ka kalo di section kakak puas ga sihh ka liat merekanya secara kan dari tempat kaka ke panggung jauhh bgtt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Kalau soal view sih jauh ya, tapi secara vibe konser tetep kerasa kok.

      Hapus