Sabtu, 19 Juni 2021

Temanggung Once Again: ROAD


Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Tahun 2018, saya ke Temanggung via Purwokerto. Tahun ini, berdasarkan petunjuk orang marketing Omah Yudhi, saya pergi menuju Stasiun Semarang Tawang. Sebetulnya paling rekomendasi itu naik bus, tapi berhubung saya pergi sendiri, saya pikir naik kereta lebih aman.

 

Akomodasi

Kereta awal saya itu Argo Muria, berangkat jam 7 pagi tanggal 23 Mei 2021 dari Gambir menuju Semarang Tawang. Tapi demi bisa ikut nganter abang saya yang pulang ke Pekanbaru di tanggal yang sama, akhirnya saya undur sehari. Saya ganti jadwal ke Stasiun Senen langsung gara-gara nomor KTP yang saya daftarin pas booking kurang angka nol satu. Saya ganti jadi naik kereta Argo Bromo Anggrek berangkat jam 8 pagi tanggal 24 Mei 2021. Setelah dipotong biaya admin dan selisih harga tiket, saya kena tambahan Rp 33.000. 

Pagi hari tanggal 23 Mei 2021 saya ke Stasiun Gambir buat tes GeNose. Dari informasi yang saya baca sih tes GeNose baru buka jam 8 pagi, sudah jelas nggak bisa kalau ikut tes di hari H. Tesnya cepet, kebetulan lagi nggak banyak orang. Tarif sekali tes sebesar Rp 30.000. Hasilnya sendiri bisa kita cek langsung di Google bermodal barcode yang dikasih petugas sekitar 30 menit setelah tes. Hasil tes ini pun nantinya langsung nge-link sewaktu kita boarding.

Kereta saya nggak begitu penuh. Kursi di sebelah saya pun kosong. Lumayan banget bisa tidur dengan lebih leluasa. Ahhh, sekarang pas nulis ini pun saya jadi kangen naik kereta jauh. Apalagi kalau keretanya yang eksekutif; nyaman banget rasanya.

Dari stasiun saya dijemput Mas Deddy, adiknya Mas Yudhi. Saya sih sudah dikasih kisi-kisi transportasi umum dari Stasiun Tawang ke Omah Yudhi. Awalnya saya cukup excited cosplay jadi anak ilang di kota orang. Wkwkwk. Kebayang serunya ke terminal yang asing sama sekali, trus gonta-ganti angkot. Tapi begitu tau tawaran harga ojek yang ditawarin Mbak Gina, akhirnya saya terima. Untungnya sih, karena di tengah jalan hujan mulai turun. Nggak tau penyakit dari mana; kok hobi banget nyemplung ke situasi tanpa kepastian???

Saya dan Mas Deddy lewat jalan berkelok-kelok, naik-turun, persis kayak ke Puncak. Kayaknya sih memang begini ya infrastruktur ke dataran tinggi di mana-mana. Perjalanan sekitar dua jam, ketunda beberapa menit buat neduh selama hujan di tengah perjalanan.


Embung Kledung - Rita Swalayan - Kebun Teh Tambi

Saya sering ngebayangin nyetir mobil sendirian dari ujung ke ujung Pulau Jawa. Ini salah satu impian terbesar saya. Entah bisa tercapai atau nggak karena sampai hari ini saya belum bisa nyetir mobil. Saya baru bisa bawa motor sendiri. Itu pun baru bisa dari tahun lalu. Makanya nggak terbayang sebelumnya saya bakal jadi single fighter naik motor sendirian di kota orang. Jalurnya pun nggak main-main. Saya nyasar lewat kebun teh yang jalannya berkelok-kelok dan curam! 

Jadi, setelah Mas Rian berbaik hati menawarkan motornya sewaktu saya mau cabut cari makan siang, saya jadi terinspirasi buat satu kali aja ke tempat wisata di Temanggung. Setelah googling sebentar akhirnya saya memutuskan buat ke Embung Kledung lagi. Tempat wisata lainnya kurang menarik soalnya. Pun dari jarak masih bisa ditolerir. Bertepatan dengan hari libur Waisak, saya pun cabut naik motor menuju Embung Kledung.

Rasanya happy banget di perjalanan. Udara sejuk, banyak pohon, matahari nggak begitu terik. Gunung Sindoro dan Sumbing pun makin lama makin tampak jelas. Saya lewat Pasar Legi yang dulu, dan juga lewat Desa Tlahap. Ah, nostalgia yang menyenangkan. Di Embung Kledung pun rasanya jadi ingat momen dua tahunan yang lalu meski ada beberapa perubahan di sana-sini. Selain ada spot khusus putu-putu, di dekat pintu masuk pun sekarang banyak lapak jualan. Dua tahun lalu semuanya belum ada.

 


 

Embung Kledung memang semakin komersil; terbukti dengan menjamurnya tenda-tenda yang disewakan buat turis yang mungkin mau leyeh-leyeh selama di sana. Okelah, masih bisa diterima. Yang cukup mengesalkan adalah beberapa pohon palsu yang dipasang di sana. Anjirlah, buat apaan sih? Dan coba lihat apa yang saya temukan di tengah-tengah lahan sana!

 

Lahan kecil, bunga-bunganya pun palsu

 

Untuk menghindari kejulidan yang tidak perlu di postingan traveling saya ini, cukuplah saya bilang ini proyek Kpop fans yang paling "nope" menurut saya. Dan saya bilang begini bukan atas dasar sentimen pribadi gara-gara saya penggemar EXO. 

Kayaknya memang saya punya semacam penyakit hobi nyusahin diri sendiri. Pulang dari Embung Kledung, saya ngide buat cari makan jauh-jauh sampai ke Wonosobo. Lagi-lagi didorong motivasi nostalgia; saya pingin jajan kue basah di Rita Swalayan. Tapi ternyata stan makanan yang dulu sudah nggak seramai dulu. Lapak kuenya jadi sedikit dan kebanyakan diisi roti-rotian.

 

Jauh-jauh ke Wonosobo untuk makan di sini

 

Lewat jam 4 sore, saya memutuskan buat balik ke Omah Yudhi. Dan dari sinilah drama dimulai. Berbekal Google Maps, saya mulai meniti jalan pulang. Masih seneng-seneng, happy dan ngerasa free banget. Dan wah, cantik banget Gunung Sindoro dan Sumbing; makin kelihatan clear aja. Cantik banget kalian dengan latar langit biru begitu!

Oh, oh, jelas aja gunung-gunung itu kelihatan makin jelas, lah wong saya nanjak ke arah Dieng! Memang sial, di tengah jalan baterai HP saya abis. Papan penunjuk jalan pun jarang-jarang. Makin jauh saya makin sangsi jalur pulang saya sudah betul apa nggak. Harusnya nggak lewat kebun-kebun kentang gini deh! Ugh, kebun-kebun kayak begini kayaknya ada di pengalaman buruk saya dulu deh, waktu saya ketakutan setengah mati pas ke arah Dieng naik angkot elf tahun 2018 lalu.

Karena makin nggak yakin, saya putusin untuk stop. Itu posisinya lewat jalanan curam. Walhasil saya diklakson berkali-kali sama mobil di belakang. Saya sih sudah berusaha ke pinggir banget, tapi ya kali, di bawah situ jurang bro! Mau nggak mau saya lanjut sampai ketemu pemukiman warga. Saya nanya ke tukang bakso keliling. Dan bener dong saya salah jalan. Untungnya ada bapak-bapak yang juga lagi on the way ke Wonosobo. Beliau menawarkan diri buat jadi semacam guide saya. Nanti dia bakal tunjukin belokan ke arah Temanggung.

Saya misah di depan gapura yang ada tulisan Tambi. Saya ingat gapura ini, sebelum mati Google Maps saya ngarahin untuk belok ke gapura ini, alih-alih lurus menuju Dieng. Makanya saya nolak waktu Bapak guide saya ngasih opsi apakah mau lewat Wonosobo aja. Saya pikir bakal lebih lama lagi kalau mesti balik lewat Wonosobo, toh tadi juga Google Maps ngarahin saya lewat sini.

Dan siapa ngira ini jadi drama lanjutan di hari itu. Wagelaseh saya diarahin lewat kebun teh. Hadah hadah. Sekali lagi Gunung Sindoro dan Sumbing memang makin kelihatan crystal clear, tapi jalanannya itu loh. Saya tanya orang di jalan memang betul, jalur ini mengarah ke Temanggung. Saya sudah di puncak, tinggal jalan nurunnya aja. Nah, itu dia yang saya ngeri. Saya masih mending jalan nanjak daripada nurun. 

Ujung-ujungnya saya nyerah. Pas ketemu jalanan berkelok yang mengarah ke bawah, saya minta tolong orang di pinggir jalan buat boncengin saya turun ke bawah. Dan tau apa jawaban orang itu? "Nggak apa-apa, Mba, nanti malah jalurnya lebih ekstrim lagi."

Dahlah.

Setelah bernegosiasi, warga situ pun setuju buat nganter saya sampai ke jalanan yang ramai dan relatif lurus. Sampai Ngadirejo katanya. Jadi, saya membonceng seorang, trus saudaranya konvoi di belakang. Keputusan yang tepat banget karena sudah pasti saya bakal nangis-nangis sepanjang perjalanan kalau nekat bawa motor sendiri. Jalurnya itu loh, curam banget. Berkelok-kelok tajam. Langit sudah mulai gelap pula. Meski keluar duit sebagai ucapan terima kasih, saya pikir worth banget lah. Saya toh bukan anak motor yang jago banget. Banyak takutnya malah. Wkwkwk.

Momen orang random nawarin buat jadi guide dadakan sekali lagi kejadian. Waktu saya nanya arah, seorang Bapak juga nawarin jadi guide. Kebetulan banget dia dan saya bakal lewat jalan yang sama. Pokoknya setelah tau saya orang jauh (dan kurang kerjaan ngelayap sendirian) mereka begitu aja nawarin diri jadi guide. Heartwarming nggak sih momen begini? 

"Ayo, Mbak, bareng saya. Saya juga mau ke sana. Nanti jalan di belakang saya."


Pesan Moral

Saya nggak nyesel sih, malah jadi pengalaman seru untuk diceritakan ke teman-teman. Walau yaaa pas kejadian udah mau mewek aja rasanya. Wkwkwk. Kalau nggak gitu saya nggak bakal tau kalau di Wonosobo ada kebun teh. Kalau nggak nyasar saya nggak mungkin bisa lihat Gunung Sindoro dan Sumbing sedekat itu.

Tapi, itu apa gayanya sih saya nekat kemana-mana cuma pake kaos yang dilapis selembar kemeja flanel? Bahkan orang Tambi aja pake jaket tebel-tebel. Bisa-bisanya orang Tangerang keliling dataran tinggi pake pakaian tipis-tipis. Hahaha.

Jadi begini, pesan moralnya, kalau kamu pergi ke daerah asing dan cuma berbekal Google Maps, coba deh ketik tujuan yang sudah jelas jalurnya. Dalam kasus saya mestinya saya ngetik Desa Tlahap, alih-alih Omah Yudhi di baris tujuan. Jadi jalurnya jelas. Tau sendiri Google Maps suka ngadi-ngadi, ngarahin orang lewat jalan antah-berantah. Ck.   


Style saya selama traveling kemarin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar