Senin, 23 April 2018

Diet


Rutinitas itu ngebosenin. Rutinitas itu bikin stagnan. Betul. Betul banget malah. Tapi, tau ga sih, tubuh manusia itu diprogram untuk menjalani rutinitas.


Bekerja di siang hari, tidur di malam hari. Makan tiga kali sehari; pagi, siang, malam. Sholat lima kali sehari; shubuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya. Mandi rutin, sikat gigi rutin, buang air rutin, olah raga rutin. Semuanya rutin. Baru dengan begitu manusia bisa sehat dan efektif.

Makan yang rutin. Perhatikan komposisi dan waktunya. Jangan berharap makan berat sesekali, kalau inget doang, sisanya ngemil, trus ngarep kurus. Ga bakal mungkin. Yang ada nimbun penyakit.

Udah cukup lama gue menerapkan makan harus pakai sayur. Kalau perlu yang banyak. Karena gue bisa sedih banget kalau makan cuma nasi plus lauk. Kering kerontang. Ga ada menariknya. Sayur harus ada. Baru dengan begitu perut gue bisa kenyang.

Sejak lebih sering masak sendiri buat makan sehari-hari, gue jadi lebih bisa mengatur apa yang gue makan. Dan dengan mood, selera, biaya, skill dan semua, makanan gue umumnya serba minimalis dan terdiri dari nasi, sayur, lauk. Tiga macam. Bisa dua macam kalau sayur plus lauk gue masak jadi satu.

Dan yaaa namanya masak buat mulut sendiri, rasanya kayak apa ya udah makan aja. LOL. Bumbu serba minimalis. Tapi menurut gue ya, makanan yang baik itu yang emang mestinya yang sederhana aja. 

Lalu, dua mingguan lalu, entah dapet ide dari mana, gue tiba-tiba kehilangan minat buat makan nasi. Sesuatu yang betul-betul nggak pernah kebayang bakal terjadi. Gue? Ga makan nasi? Gemeteran entar cuuuyyy.... Gue selalu terhibur ngeliat foto-foto makanan diet orang yang instagramable banget. Sayur dan buahnya berwarna-warni keren. Tapi ya itu, seneng ngeliatnya doang. Ngejalaninnya sih berasa ga sanggup. Hihihi.

Tapi gue mau coba. Gue mau coba stop makan nasi dan lihat gimana hasilnya. Plus ini tas pinggang kok makin berlapis aja sih... Huffftt!

And I did it. Komposisi makananya masih sama: makanan pokok ( kali ini pale kentang tumbuk), sayur dan lauk. Hari pertama dan kedua gue masih makan 2 kentang tiap siang. Makan malam cuma lauk plus sayur. Besok-besoknya cuma satu kentang tiap makan siang. Hari-hari pertama makanan gue bahkan dikukus semua!
 
Makanan komplit last weekend

Bekal

Lumayan lancar jaya. Walau pas hari ketiga gue mulai keleyengan di kantor. Wadaw! Malah pas banget saat itu gue butuh konsentrasi nyelesein tugas. Efek keleyengan berhenti setelah gue makan donat. Hehehe.

But, no! Gue menolak untuk berhenti. Lagian ini nggak ekstrim. Gue cuma ga makan nasi. Besok-besoknya juga gue makan tumisan. Gue juga tetep makan mi instan. Dan, meski kadang laper, gue merasa nasi bukanlah jawabannya. Bukan nasi yang gue mau. Bukan.

Rekor gue pecah di hari ke sembilan. Setelah puasa seharian, gue makan nasi plus sop iga. Hihihi. Dan nggak masalah buat gue. Gue kan bukan ekstrimis. Hal pertama yang bikin gue melakukan ini karena emang tiba-tiba aja nggak kepingin makan nasi. Jadi nggak ada rasa kangen atau, sebaliknya, anti banget. 

Dan komposisi makan yang berubah ini mungkin butuh penyesuaian buat tubuh gue. Masih belom lancar nih ke belakangnya. Heheh... Tapi gue mau lanjut. Dan kalau begini aja bisa, makan serba kukusan/rebusan yang makin minim bumbu, bukannya nggak mungkin besok-besok gue terpikir buat ngejalanin diet mayo yang no salt itu. Siapa tau....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar