Kamis, 06 Februari 2020

Ada Dua Tipe Manusia di Dunia...



Ada dua tipe manusia di dunia: seseorang yang duduk bersamamu satu jam dan kamu sudah tahu segalanya tentang dia, dan seseorang yang duduk satu tahun bersamamu namun kamu tetap tidak tahu apa-apa tentang dia.

Saya mendadak memikirkan hal ini karena mengenal seseorang yang begitu terbuka. Tidak, istilah yang lebih tepat adalah friendly. Sangat suka mengobrol. Bahkan dengan orang yang baru dikenal pun orang ini akan dengan mudahnya terlibat percakapan yang cair. Lalu, boom, hanya dengan duduk satu jam di depannya, kamu sudah mengantongi cukup banyak informasi tentang dia: alamat rumah sampai ke ancer-ancernya (“di belakang SD Pagi-Petang, dari perempatan Simpang 4 belok kiri…”), kampung halaman istrinya, pekerjaan saudara-saudarinya dan bahkan sampai ke informasi pernikahan siapa yang terakhir ia datangi. Dan, tentu saja, tidak sulit meminta nomor telepon orang ini. Saya menduga satu-dua alasan mengapa dia begitu.

Sebaliknya, ada seseorang yang sudah kamu kenal selama satu tahun, tapi kamu tetap tidak punya ide siapa orang ini sebenarnya. Orang ini tidak bermaksud menjadi misterius, tapi dia memang enggan membagi kisah hidupnya denganmu. Well, jangankan berbagi kisah hidup, berbagi biodata umum seperti alamat rumah, jumlah saudara, dan suku orang tua pun dia pelit. Paling banyak dia hanya akan bilang begini: “… di Cipondoh, 7 bersaudara, asli Minang…”. Tidak ada informasi rincian dan tambahan sebagai bahan untuk kelanjutan obrolan. Tidak ada. Kata-katanya mahal. Untuk orang seperti ini saya pun menduga satu-dua alasan mengapa dia begitu.

Dan, seperti segala hal di dunia ini, entah kamu tipe si satu jam langsung akrab atau si satu tahun tetap orang asing, kamu akan tetap menerima dampak positif dan negatif. Positifnya, si tipe satu jam langsung akrab akan memiliki banyak relasi dan dikenal orang banyak, sementara dari segi negatifnya dia akan keteteran mengelola prioritas karena waktunya banyak tersita untuk sesi mengobrol. Sementara si tipe satu tahun tetap orang asing akan hidup secara efisien dengan tugas-tugas yang selesai tepat waktunya, namun, negatifnya, dia akan kesepian tidak punya teman karena sulitnya membuka diri dengan orang lain.

Sampai di sini kamu sudah tahu tipe manusia mana yang lebih disukai dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar