Rabu, 17 Juni 2020

Kenapa Harus Sekarang?




Kenapa harus sekarang? Kenapa harus tahun ini? Ada apa dengan tahun 2020 hingga gue memutuskan untuk memulai beberapa hal di tahun ini? Orang lain menunda rencana mereka, tapi kenapa gue justru memulai?


Februari lalu gue merilis blog review film setelah cukup lama ide dan niatnya bercokol di kepala. Perkenalan tentang blog itu gue tulis di postingan yang ini. Sementara untuk link blog-nya sendiri ada di sini.

Konsisten untuk membuat konten nyatanya memang sesusah itu. Sampai hari ini gue belum update review film terbaru di Movienovi. Bukan karena kehilangan motivasi atau malas (hmm.. iya sih dikit), tapi karena di tahun ini ~ atau tepatnya di minggu lalu ~ gue memulai proyek menulis lainnya.
Pun proyek ini butuh sesi pra-produksi yang cukup menyita pikiran dan waktu.

Jadi gue merilis novel online di Storial.co mulai minggu lalu. Cerita yang gue upload berjudul SEBELUM 30. Awalnya sih gue iseng-iseng nanya di base twitter tentang buku gitu, kira-kira kalau punya novel genre metropop sekitar 250 halaman enaknya ditaro di medium mana? Respon dan sarannya positif banget. Gue pun mulai serius mikirin.

Sebetulnya posisinya waktu itu novel gue masih di redaksi Gramedia sejak gue kirim pake JNE akhir Januari 2020. Status diterima atau ditolak belom ada. Tapi feeling gue sih ditolak. Wahahahaha. Buat make sure statusnya, gue pun kirim email ke redaksi. Dan ya, bener kan feeling gue, novel gue ditolak. Ya udah, gue pun makin serius mikirin untuk diunggah ke internet aja. Tapi cerita yang udah ada itu nggak plek-ketuplek langsung gue copy-paste. Ceritanya gue revisi banyak banget. Makanya minggu-minggu kemarin tuh lumayan menguras pikiran buat gue.

Salah satu elemen penting yang cukup menyita perhatian adalah mencari artis untuk gue minta bikinin cover. Jujur sih, gue lumayan bingung, nggak kepikiran cover macam mana yang gue mau. Setelah eksplor kemana-mana, akhirnya deal-lah gue sama seorang artis.



Upload ke internet begini nggak pernah gue pertimbangin sebelumnya. Iya, salah satu alasannya karena gue mau punya buku dengan nama gue tertulis sebagai penulisnya. Tapi alasan lainnya adalah karena gue mau ketemu seorang editor dan dibimbing. 

Tapi tahun ini, setelah melalui berbagai pengalaman dan pertimbangan, gue memutuskan untuk membuat perbedaan. Gue menempuh jalan berbeda ~ jalan yang dulu nggak perlu gue pikirkan sampe 2 kali. Langsung skip!

Kenapa nggak, yekan? Sampai di titik ini, tulisan gue dibaca, diapresiasi, direspon pun rasa-rasanya udah cukup menyenangkan buat gue. Gue mencoba untuk menyingkirkan dulu ekspetasi macam-macam. Jalani aja dulu, promosi sebisa gue aja dulu.

Well, entah di sini ada yang rutin cek blog gue atau nggak. Tapi ini dia link novel gue itu.



Proyek menulis gue lainnya adalah akun Goodreads yang gue buka juga di tahun ini. Belum banyak buku yang gue review, semoga ke depannya bisa lebih rutin lagi. Paling nggak gue mengulas buku-buku yang memang sudah gue baca.

Lalu, sebetulnya masih ada 1 lagi yang gue mulai di tahun ini ~ minggu ini juga malahan. Bahkan mungkin inilah keputusan besar yang akan mempengaruhi hidup gue paling nggak sampai 20 tahun ke depan. Apa itu? Hahaha, gue nggak bisa cerita di sini. Bahkan sampai sekarang cuma sekitar 4 orang yang udah tau.

Hahaha.

Kenapa harus sekarang? Ya kenapa nggak? Dan tahun ini masih ada 6 bulan lagi. Keputusan penting apa lagi yang kira-kira gue ambil di tahun ini? Let's see!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar