Sabtu, 03 September 2022

NewJeans Wants an Attention


Bukan K-drama alias drakor, kali ini mari membahas Kpop rookie bentukan Adore, NewJeans, yang lagi saya suka banget dengerin lagu-lagunya. Girl group ini terdiri dari lima cewek: Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein.

 

NewJeans resmi merilis Extended Play (EP) versi digital mereka yang berisi 4 lagu di tanggal 1 Agustus 2022. Musik videonya sendiri dengan lagu "Attention" lebih dulu rilis di tanggal 22 Juli 2022. Selanjutnya rilis berturut-turut rilis musik video ketiga lagu lainnya, "Hype Boy", "Hurt" dan "Cookie". Kalau kamu lihat di Youtube, lagu-lagu mereka punya lumayan banyak versi video official. Plus mereka juga kelihatan rajin tampil di acara musik televisi. Walhasil pendengar jadi punya banyak konten performa mereka.

Saya sendiri mulai menyimak NewJeans setelah ada menfess Twitter yang membahas mereka. Lagu pertama yang saya denger pastilah Attention. Awal-awal belum nyantol. Tapi kemudian saya malah jadi sering dengerin di kantor. Partner saya di kantor sering melesetin jadi retention gara-gara kita lagi sering sering berurusan sama perkara retensi pemilik unit. Wkwkwk.

Lalu akhirnya berturut-turut saya dengerin tiga lagu lainnya, terutama yang Hype Boy. Asik banget nontonin koreografi tarinya. Kesannya fun. Semua bagian badan goyang. Nggak ada gerakan yang canggung gara-gara ketahan model baju atau tatanan rambut. Nggak juga kayak ketahan keinginan untuk selalu tampil cantik di kamera. Wkwkwk. Apalagi kalau sekalian membahas koreografi lagu Attention; rambut terkibas-kibas sepanjang lagu!

 


 

Kembali ke soal menfess Twitter yang sebelumnya saya sebut, pertanyaan yang dilempar kira-kira isinya begini: kenapa NewJeans bisa cepet mendapat perhatian publik Korea? Sebagian menjawab karena konsep mereka yang fresh. Kata saya, iya banget! Lihat aja sekarang, kayak pada berlomba-lomba buat jadi The Next Blackpink dengan mengusung konsep girl crush. Semua pingin kelihatan seperti cewek keren alias cool girl yang seterong, badas, canggih, etc, etc. Outfit hitam-hitam di sana sini, sedangkan musiknya berdebum-debum. Lirik lagunya? "I don't care what people think about me, f**k off!".

Lalu NewJeans yang beranggotakan ciwi-ciwi remaja di kisaran usia 14 sampai 18 tahun muncul dengan musik pop ringan sekaligus riang tentang naksir-naksiran ala ABG, pake baju sporty kayak mau hangout bareng temen, rambut panjang lurus alami, dan riasan natural. Sekalinya dandan agak rame masih kelihatan kayak sekumpulan ABG yang lagi having fun nyoba-nyoba outfit dan make up baru. Konon NewJeans juga menyelipkan nuansa 90-an yang bikin orang sedikit bernostalgia. Tidakkah tampilan Hyein di foto ini kayak sesuatu yang biasa kamu lihat dari majalah Gadis atau Aneka di tahun 90-an? Wkwkwk. Ketahuan deh kalau saya udah tua.

 


 

Setidaknya dari lagu Attention dan Hype Boy, kita kayak dapet sesuatu yang 'normal' setelah habis-habisan dibombardir sama musik bising yang dibawakan cool girls. Dan jujur ajalah, ciwi-ciwi piyik pendatang baru Kpop terlalu muda untuk mengusung konsep cewek kuat yang mengarah ke vibe seksi. Makanya nggak berlebihan kalau dibilang NewJeans membawa angin segar di dunia Kpop. Saya pribadi suka vokal mereka yang natural. Cara nyanyinya nggak diimut-imutin atau, sebaliknya, dibikin-bikin biar terkesan unik dan canggih.

Lagi-lagi balik ke soal menfess yang sama di Twitter, sebagian netizen ada yang menjawab alasan utama NewJeans cepat meroket adalah faktor label perusahaan. Kata saya, ya nggak salah juga!

As you know, Adore adalah anak perusahaan Hybe Corporation yang menaungi BTS. Kalau kita meminggirkan sikap naif, kita pasti bisa langsung mengidentifikasi korelasinya. Yah menurutmu aja, kenapa orang-orang yang kepingin jadi idol pasti memasang target untuk lolos audisi di label besar semacam SM, YG, JYP dan, sekarang, Hybe? Tentu karena bisa langsung mendapat perhatian. Belum debut aja sudah jadi omongan kok; "eh, SM bakal rilis boy group baru loh", "wih, akhirnya YG debutin boy group baru juga,", "eh, JYP punya girl group penerus Twice nih,", "wah, beneran nih BTS bakal punya junior girl group?". Dalam konteks NewJeans, grup ini juga menarik perhatian berkat nama besar produser mereka, Min Hee Jin, yang dikenal punya andil atas branding Girl Generation, Red Velvet sampai EXO.

Lalu label besar juga berperan dalam hal modal. Kalau modalnya cukup, sebuah grup bisa merekrut penulis lagu hits dan koreografer andal. Lalu juga bisa modalin buat bikin MV yang cakep bin estetik. Outfit cantik dan bergaya pun butuh cuan. Promosi? Ya sama, butuh modal juga. Konon buat tampil di acara musik pun bayar loh. Pada akhirnya Kpop itu bisnis. Dan bisnis seringnya berpihak kepada pemodal besar.

Makanya yang bilang buat jadi idol terkenal di Korea sana cuma butuh lagu bagus itu antara naif, denial atau memang belum paham aja. Nggak gitu cara main di sana ya gaes ya. Datang dari label besar dan punya source untuk modalin segala aspek memang nggak menjamin kesuksesan. Tapi menampik peranan privilege dalam kesuksesan sebuah grup adalah sebuah kenaifan. Lagipula, punya privilege itu nggak dosa. Jadi masalah karena ulah fans yang ngotot nge-branding idol-nya sukses by talent alone or only because their hardwork alone. 

 


 

Omong-omong soal konsep yang terlalu provokatif untuk diusung anak-anak di bawah umur, NewJeans juga kesandung kontroversi soal ini. Lagu Cookie milik mereka dituding bermuatan seksual, yang tentu aja nggak pantes dinyanyikan underage. Pun, Min Hee Jin selaku produser mereka pernah terkena kontroversi perihal pedofil dan konsep Lolita. Duh! Saya pingin membahas lebih jauh soal sexualization of teenegers di industri Kpop tapi kayaknya skip dulu. Kapan-kapan lah yaa.

Dan inilah anggota NewJeans:

 

Minji
 

Member tertua di NewJeans. Di beberapa website Kpop disebutkan Minji adalah leader NewJeans. Tapi ada sebuah potongan video pada saat para anggota membantah hal tersebut. Mereka bilang mereka nggak punya leader atau posisi-posisi lainnya yang umum disematkan pada tiap anggota grup Kpop. Ada sebuah cuitan di Twitter yang sempet saya baca tentang Minji yang dianggap K-netz dengan istilah kecantikan yang "rapi".

 

Hanni

 

Hanni adalah member asal Vietnam-Australia. Sama-sama kelahiran 2004 seperti Minji. Dari anggota yang lain, saya paling suka performa Hanni. Suaranya bagus, jogetnya pas dan ekspresinya menyenangkan. Senyumnya cerah ceria dan dia kelihatan percaya diri.


Danielle


Member berdarah Korea-Australia. Danielle adalah anggota kedua favorit saya setelah Hanni. Di panggung senyumannya sering mengembang. Kalau soal joget, Dani kelihatan enerjik dan semangat banget. Tapi karena itu juga kadang dia kelihatan agak messy.


Haerin

Kalau diperhatikan, Haerin paling banyak dapet part nyanyi di chorus. Suaranya ngepop banget memang. Yang kurang dari Haerin adalah ekspresinya. Sering kelihatan blank. Dan dia memang kelihatan kayak anak pendiem gitu sih.


Hyein

Anggota termuda dengan penampilan paling dewasa, menurut saya. Member kelahiran tahun 2008 ini juga punya tubuh paling tinggi di antara member lain. Kalau sudah masuk usia dewasa doi mungkin bakal ngambil konsep seksi kali ya, secara ekspresinya dari sekarang aja udah mendukung.


 

 

Sudah terkenal dengan konsep fresh ala ABG, kira-kira seperti apa comeback mereka selanjutnya? Layak ditunggu!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar