Selasa, 24 Juli 2018

Day6 First World Tour dan Kenapa I-Fans Pingin Nonton Langsung di Korea



Setelah ngamen sana-sini akhirnya Day6 berkesempatan mengadakan 1st World Tour. Mereka memulainya dari Seoul bulan Juni lalu, lalu lanjut ke kota-kota di Korea Selatan lain, lalu melipir ke Australia, Taipei, beberapa negara Asia Tenggara, Kanada, USA, dan, di akhir tahun… mereka ke Jakarta! Siapa di sini yang excited?


Gue jelas pingin nonton dengan catatan… begitu open ticket, gue masih nge-stan Day6! Hehehe. Tapi menjelang hari-H (masih lama sebenernya), My Day Indonesia dibikin gempar gegara promotor Day6 di sini ngadain di Kokas. 

Pengumuman Mecima

 
KOKAS??? Gedung kondangan! Gedung seminar! Flat! Kebagian paling belakang, ubun-ubun Jae pun nggak keliatan! Kenapa nggak di ICE BSD? Balai Sarbini? Artpreneur? Mereka band, Tante! Aku maunya jingkrak-jingkrak! Tapi kalau berdiri semua tanpa ada tribun, yang belakang mau lihat apa???
-- Tertanda My Day Indonesia

Haduh, makin galau antara beli atau nggak. Takut nggak worth it sama jumlah uang yang dikeluarkan. Kalau dilihat-lihat dari konser Kpop lain di Indonesia lain yang diadakan Mecima, rata-rata seat dekat panggung dibanderol 2,5 juta. Tapi gue pun sangsi buat nonton sambil berdiri. Yakin deh, penonton pasti udah berjubel sejak siang, bahkan pagi. Trus setelah ngantri, gue masih harus nonton sambil berdiri??? Sikut-sikutan sama abege pula biar dapet posisi paling depan?! Yakin sanggup? Inget umur, woy! Hahahaha.

Udah gitu kan katanya ada sistem member. Yang member diprioritaskan, yang nggak member dapet sisa tiket… di parkiran. Hahaha. Hah! Galau!

Apa emang udah SOP seatplan-nya begini?



Nonton di Korea

Berkali-kali viral—minimal di komunitas Kpop lover—fans Kpop dari Indonesia menghadiri fan sign atau konser langsung di Korea. Hidiiiiihhh, bikin syirik aja! Tapi kenapa sih banyak international fans yang punya cita-cita buat ketemu idolanya langsung di Korea Selatan?

Alasan pertama, idol-idol tertentu nggak cukup populer di negeri kita. Kemungkinannya kecil banget ada promotor yang mau ngedatengin mereka ke sini. Maka jalan alternatif untuk bertatap muka dengan idola adalah mendatangi mereka di Korea Selatan langsung. Tapi tentunya kesempatan ini lebih sulit lagi. Setau gue fans yang bisa ikutan fan sign atau fan meeting dan bahkan konser di Korea Selatan pun juga memakai sistem member. Artinya elo harus terdaftar di sebuah fandom untuk dapat akses ke acara-acara begini, yang tentunya mesti bayar biaya-biaya administrasi dan sebagainya. Well, begitulah Kpop. Aspek bisnis memang yang utama.

Alasan ke dua: karena grup Kpop bakal lebih pol-polan di negerinya sendiri. Ini sebetulnya kesimpulan gue sih, yang tentunya masih bisa diperdebatkan keakuratannya. Jadi, menurut gue kenapa i-fans punya cita-cita buat nonton idola mereka pas bikin acara di Korea adalah karena si artisnya bakal lebih maksimal di sana ketimbang, katakanlah, di negara-negara Asia Tenggara. Penting banget buat idol Kpop memantapkan posisi mereka di negaranya sendiri. Yah, gimana lagi, pada dasarnya mereka cari nafkah di sana. Yang bakal nawarin mereka buat membintangi suatu iklan juga pastinya dari sana. That’s why mereka harus selalu maksimal memuaskan para penggemar di negeri sendiri.

Trus netizen sana kan banyak yang julid, salah sedikit langsung di-bash. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar