Rabu, 03 September 2014

Yang Bikin Mangkel di Cirebon

Namanya juga solo travelling, seneng dirasa sendiri, bete juga dirasa sendiri. Sebenernya sih gue woles-woles aja selama di Cirebon. Ya sudahlah yaa, kan ga ada yang nyuruh apalagi maksa gue juga ke Cirebon. Manis, asem, pait... yaa resiko.

Tapi ada nih yang bener-bener bikin mangkel sewaktu gue di sana. Salah gue sih separohnya. Gara-garanya gue manut aja sama tukang becak. Iyah, bener, gue mangkel sama tukang becak pas lagi di sana.

Ceritanya pas malem-malem gue mau mampir ke Sumur Oban di Jalan Kartini. Kata resepsionis hotel, gue tinggal lurus ke kiri trus pas di lampu merah pertama gue belok kanan. Meskipun waktu itu baru jam setengah 8, gue mutusin kalau jalanan sepi gue mau naik becak aja. Gimana pun, gue ada di kota yang belum gue kenal baik. Ternyata dari arah Amaris Hotel bergema musik kenceng banget. Lagu Gigi kalau ga salah. Ngeliat suasananya rame gue pun mutusin jalan kaki. Lancarlah pokoknya. Sampe kemudian gue nanya posisi Sumur Pak Oban ke tukang becak. Awalnya si bapak becak rada lupa tapi trus katanya lurus aja tar banyak PKL yang jualan gitu. Dia nawarin 5.000 naik becaknya sampe ke situ. Gue yang emang pingin ala pedestrian, menolak dengan sopan lantas lanjut jalan kaki. Gue berhenti dulu gara-gara ada kereta mau lewat. Gila lama bener! Apa emang kayak gitu yah kereta jarak jauh.

Eh gue digodain lagi sama si bapak becak tadi. Yodahlah, naek aja. Dan ternyata Sumur Pak Oban udah ga ada. Malahan warga sekitar yang ditanya juga pada ga tau keberadaan Sumur Oban. Akhirnya gue dianter nyari makan sama bapak becaknya. Gue bilang mau minum yang seger-seger plus roti. Jangan makan yang berat-berat karena perut masih kenyang makan empal gentong sorenya. Akhirnya nyampelah gue ngopi di Juragan Coffee di Jalan Siliwangi. Bapaknya nungguin gue padahal sih sebenernya itu deket dari hotel.

Singkat cerita gue ngider-ngider ngebecak. Awalnya si bapak becaknya nawarin ngeliat konser dangdut gitu di deket asrama tentara atau polisi kalau ga salah. Lampu sorotnya yang berwarna biru emang keliatan sih di langit. Ya bolehlah, kan emang niat gue mau keliling-keliling. Dari situ gue membuka obrolan sama bapaknya. Kan ceritanya berbaur dengan penduduk lokal. Haseeekk.

Gue cerita gue sendirian ke Cirebon dan niat keliling-keliling. Gue tanya bahasa di Cirebon tuh apa yah, Sunda atau Jawa, soalnya selama di situ gue dipanggil "Neng", "Mbak" dan "Teteh". Gue nanya TV lokal di mana alamatnya soalnya gue sempet liat di TV hotel. Dan gue juga bilang tujuan jalan-jalan gue besok: Keraton Kasepuhan, Gua Sunyaragi, dan Batik Trusmi. Gayung bersambut si bapak becaknya menawarkan jasa buat nganter gue besok. Tapi abis itu dia nunjukin jalan ke gue karena takutnya besok pagi jam 10 dia belom bangun. Maklum, dia kan dinas dari jam 5 sore sampe jam 5 pagi. Gue bilang jangan paksain, gapapa kok. Dan acara muter-muter gue itu bertarif 40.000. Awalnya gue kasih 30.000, si bapaknya minta tambah 10.000 lagi. Yaa gapapa deh.

Ternyata si bapaknya ga jadi nganter gue. Dia digantiin sama temennya. Bapak yang satu ini nyegat gue yang abis nonton acara car free day, "yang mau ke Kasepuhan?"

Dan inilah yang bikin mangkel. Mau-maunya gitu gue dianter plus ditungguin kemana-mana sama si bapak becak ini. Dari warung Nasi Jamblang Mang Dul, ke Keraton Kasepuhan, lanjut ke Batik Trusmi, trus ke Kedawung tempat nunggu bus.

Pertama yang bikin mangkel, gue ngerasa kayak kebebasan gue direnggut (hohoho). Soalnya kan niatnya gue mau ngerasa free dengan berjalan kaki kemanapun gue mau. Ini serba ditungguin. Gue nya juga sih pake acara ga nolak segala. Kan tinggal bilang "Saya sampe di sini aja, Pak, ga usah ditungguin lagi.". Ini malah nurut aja dibilang ga ada angkot dari Kasepuhan ke Gua Sunyaragi.

Ke dua yang bikin mangkel, gue udah feeling nih ongkosnya pasti mahal. Pas mau ke Batik Trusmi aja gue liat dari penunjuk jalannya masih 4 km. Udah pasti mahal ini.

Akhirnya dari Batik Trusmi gue minta dianterin ke masjid. Dari situ pokoknya gue bakal bilang stop, ga usah nungguin gue lagi. Dan bukannya gue ke mesjid malah berhenti di depan Alfamart. Tapi sebelahnya ada SPBU sih. Ada musholla di dalemnya. Pokoknya gue udahan deh ngebecaknya.

Dan inilah puncaknya, gue ditagih 150.000! Anjirr. Tadinya gue kasih 50.000, tapi dengan kalimat yang sama kayak bapak becak semalem, bapak yang ini bilang terserah gue mau bayar berapa nanti kalau dirasa kurang dia bakal minta tambahan. Tapi hellowww, 150.000?? Gue bilang kok jadi mahalan naek becak yak daripada ongkos kereta gue. Ya emang bener becak itu laen dari kereta karena modal tenaga, tapi kalau 150.000 ya keterlaluan banget. Akhirnya setelah debat, tawar-menawar, dan boong dikit bilang gue ga ada ongkos buat bus pulang kalau bayar penuh, gue bayar cepek. Itu juga udah ngedongkol banget.

Pernah denger tukang becak di Jogja yang suka sengaja ambil rute jauh padahal penumpangnya, yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Jogja, cuma minta dianter ke hotel dari stasiun? Tujuannya biar penumpangnya kasihan dan ngasih ongkos gede. Gue ga bilang semua tukang becak usil gitu yah. Tapi kita juga ga bisa mengesampingkan fakta ini. Terutama karena gue sendiri udah ngalamin. Di Cirebon. Emangnya sih gue ga tau kebenarannya tapi dari cengiran si bapak becak 150.000 yang sempet gue liat sekilas, gue curiga emang gue sengaja diputerin jauh. Ckckck.

Susah emang cari duit di Indonesia. Apalagi di bidang transportasi yang carut-marut. Mesti licik-licik dikit. Tapi gue sih ngarepinnya, ini bukan karma gara-gara gue suka ngeledekin si bos yang malah stres abis holiday ke Inggris. Buahahahaha. Piss ya, Bos.

Girl Group Kpop In My Opinion

Right now it’s SNSD, tomorrow it’s SNSD, forever it’s SNSD, I love You. I won’t let you go, Mamamoo. Familiar dengan slogan in...